Film terbaru DC Extended Universe, “Wonder Woman”, belum lama ini mulai tayang di bioskop Indonesia. Ternyata, bukan hanya Hollywood saja yang punya Wonder Woman, pasalnya Indonesia juga punya superhero serupa. Namanya adalah Darna Ajaib.

“Darna Ajaib” sendiri adalah film pahlawan super remaja Indonesia yang tayang pada tahun 1980 lalu. Film ini disutradarai oleh Lilik Sudjio dan dibintangi antara lain oleh Lydia Kandou, Dian Ariestya, dan Donny Nurhadi. Film ini juga menampilkan bintang cilik Ria Irawan, Nia Zulkarnaen, dan Ryan Hidayat. Connie Sutedja juga tampil sebagai bintang tamu.

Poster Darna Ajaib (HAI)

“Darna Ajaib” dibuat berdasarkan serial komik pahlawan super “Darna” karya komikus Armin Tanjung, yang terinspirasi dari tokoh pahlawan super yang bernama sama ciptaan Mars Ravelo, komikus dari Filipina.

Namun, kostum versi filmnya bisa dibilang lebih mirip Wonder Woman dibanding Darna. Apalagi, pada masa itu TV series “Wonder Woman” merupakan acara TV yang cukup terkenal.

Film ini mengisahkan tentang Darna, seorang anak ajaib mirip Superman. Dia bisa terbang, menghentikan kereta api yang masuk jurang, menangkap penjahat, dan kemampuan super lainnya. Ia lahir untuk membasmi kejahatan. Saat lahir Darna dalam keadaan terbungkus plasenta ajaib yang diduga sumber kekuatannya.

Seperti yang sudah diketahui, ada pula superhero Indonesia lainnya yang mirip seperti superhero Marvel atau DC, antara lain Gundala Putra Petir yang mirip The Flash atau Godam Manusia Besi yang mirip Superman.

Berikut ini cuplikan dari aksi Darna Ajaib dalam film.

(tom)