Sains di Balik Tawaf Jamaah Haji di Tanah Suci


Bagi jamaah haji, tawaf merupakan salah satu dari rangkaian ibadah yakni dengan mengelilingi Kakbah. Tawaf secara etimologi artinya â??berputarâ??. Dalam beribadah haji ini, para jamaah wajib melakukan tawaf sebanyak 7 putaran.

Tujuh putaran tersebut yakni mengelilingi Kakbah dengan pola berlawanan arah jarum jam. Rupanya, mengelilingi Kakbah berlawanan dengan arah jarum jam ini tak ditentukan sembarangan, dan ada penjelasan ilmiah di baliknya. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, setiap benda selalu bergerak berputar untuk menjaga keseimbangan.

Tawaf (Gache)

Berputar berlawanan arah jarum jam juga terjadi seperti planet yang berputar dalam porosnya masing-masing dalam lingkaran galaksi.

Dalam alam mikro, bagian terkecil dari setiap benda disebut atom. Elektron-elektron selalu berputar mengelilingi inti pusat atom, melakukan putaran rotasi dengan arah berlawanan dengan jarum jam.

Tawaf menunjukkan kesamaan arah putaran Bumi dan galaksi. Saat tawaf, seseorang cenderung tidak cepat lelah karena polanya seirama dengan arah putaran Bumi.

Tawaf (AAJTV)

Tidak hanya itu, di dalam tubuh, peredaran darah manusia berlawanan dengan arah jarum jam. Jadi, mungkin inilah alasan mengapa seseorang lebih baik berlari melawan arah jarum jam atau mengitari lapangan berlawanan dengan jarum jam saat berolahraga.

Sitoplasma mengelilingi nukleus, bagian dari sel yang berlawanan dengan arah jarum jam. Molekul-molekul protein terbentuk dari kiri ke kanan juga berlawanan dengan arah jarum jam.

Di dalam kandungan, telur mengelilingi berlawanan dengan arah jarum jam. Sperma pun mencapai indung telur mengelilingi berlawanan dengan arah jarum jam. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak