Hal yang Menambah Pahala (egyptianstreets.com)

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya adalah hal yang diinginkan semua umat muslim. Pasalnya, pahala yang didapat pada bulan Ramadhan bisa berkali lipat dibanding bulan biasa. Selain dengan berpuasa selama seharian dengan menahan rasa lapar dan haus serta hawa nafsu, shalat sunnah, mengaji, kamu ternyata juga bisa mendapatkan pahala dari hal-hal lainnya loh JBers. Ada hal-hal sederhana yang terlihat sepele, tapi ternyata bisa menambah pahala saat berpuasa. Ingin tahu ada apa saja? Mari kita lihat!

1.Menjalin Silaturahmi dengan Orang yang Sudah Terlupakan

Buka puasa bersama (i0.wp.com)

Pernahkah terpikirkan olehmu kenapa saat bulan Ramadhan selalu banyak acara buka puasa bersama yang dihadiri teman lama atau kerabat jauh. Saat kamu sudah lama tak bertemu dengan mereka karena kesibukan kalian, pada saat bulan Ramadhan tepatnya saat buka puasa bersama kalian bisa bertemu kembali. Momen bukber sekaligus reunian ini bukan hal yang asing lagi di Indonesia. Tapi tahukah kamu, kalau dengan menghadiri acara buka puasa bersama itu, secara tidak langsung kamu akan mendapat pahala karena telah menjalin tali silaturahmi kembali dengan orang-orang yang sudah lama tidak bertemu, malah bisa dikategorikan sebagai orang yang sudah terlupakan.

2.Mengurangi Penggunaan Gadget

Tidak Menggunakan Gadget (abcnews.com)

Di era teknologi yang super maju seperti saat ini gadget seperti smartphone hingga tablet menjadi barang yang akan terlepas dari tanganmu. Penggunaan gadget ini bisa menimbulkan banyak dosa loh JBers. Contohnya saja seperti saat kamu melihat status temanmu yang sedang ngabuburit berdua dengan pacarnya sementara kamu jomblo, ada rasa iri yang timbul. Lalu ketika kamu membaca berita artis yang sedang menjalani proses perceraian, tanpa sadar kamu akan mengomentari artis tersebut. Dengan mengurangi penggunaan gadget, kamu bisa terhindar dari rasa iri, marah, hingga bergosip dengan teman. Menghindari suatu hal buruk tentunya bisa menambah pahalamu.

3.Berbagi Pada Sesama

Berbagi Pada Sesama (cdn.cnn.com)

Tak selamanya berbagi pada sesama itu selalu berkaitan dengan harta alias uang. Kamu bisa berbagi tenaga, waktu, pikiran, serta tawamu pada orang lain sehingga membuat mereka merasa senang. Berbagi pada sesama bisa menjadi penyempurna ibadahmu di bulan puasa. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan? Kamu bisa mengumpulkan pakaian bekas layak pakai dari keluarga dan teman-temanmu lalu kamu berikan pada anak-anak jalanan atau yayasan panti asuhan. Tak punya pakaian bekas layak pakai? Tak masalah datang dengan tangan kosong ke yayasan panti asuhan karena kamu bisa berbagi pengalaman dengan mengajarkan mereka sesuatu dan membacakan buku cerita Islami. Lakukan kegiatan ini sebagai agenda ngabuburit sehingga kamu tak perlu bingung akan menghabiskan waktu ngabuburit di mana.

4.Mendoakan Orang Lain

Mendoakan Sesama (fthmb.tqn.com)

Jika biasanya kamu mendoakan kebahagiaan dan keinginan untuk diri sendiri, saat bulan Ramadhan tak ada salahnya jika kamu mendoakan orang lain seperti mendoakan orang tua, saudara, teman dekatmu atau pacarmu. Doakanlah mereka yang baik-baik karena saat kamu mendoakan orang lain, itu tandanya kamu bukanlah manusia egois yang mementingkan diri sendiri. Kamu juga bisa mendoakan bangsa ini agar lebih damai dan jauh dari pertikaian dengan sesama.

5.Tersenyum

Tersenyum (www.cahayaislam.id)

Hal yang satu ini adalah hal paling sederhana dan paling mudah dilakukan. Kenapa berbagi senyum pada orang lain bisa mendapat pahala? Karena pada saat kamu tersenyum dengan tulus, kamu sudah menularkan kebahagiaan dan semangat kepada orang lain. Coba saja kamu bayangkan jika bertemu teman-teman di sekolah atau kampus di pagi hari saat keadaan teman-temanmu sedang mengantuk karena kurang tidur atau sedang bad mood, lalu kamu tersenyum, hati mereka pasti akan jadi lebih baik. Lain halnya jika wajahmu terlihat masam dan tak menampilkan senyum sama sekali, suasana hati mereka pasti akan bertambah buruk saat melihatmu datang.

Jadi, mulailah dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu ya JBers! (jow)