Benda yang Wajib Dibawa Saat Traveling Ramadhan (zilzarlife.com)

Bagi para pecinta traveling, berpuasa bukanlah halangan untuk perjalanan wisata. Kamu bahkan akan merasa tertantang karena pengalaman traveling di bulan Ramadhan hanya ada satu tahun sekali. Ada suasana berbeda yang pastinya kamu rasakan ketika kamu traveling di bulan Ramadhan, terutama jika kamu bepergian ke tempat atau negara yang mayoritasnya muslim yang suasana Ramadhannya sangat terasa. Kamu bisa mencoba berbuka puasa atau sahur di tempat atau negara asing yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Tapi untuk melakukan traveling di bulan Ramadhan ini, kamu harus menyiapkan lima benda yang wajib dibawa agar ibadah berpuasa kamu tetap mendapat berkah. Yuk lihat!

1.Alat Ibadah

Peralatan Ibadah (fthmb.tqn.com)

Benda pertama yang harus dibawa saat traveling di bulan Ramadhan adalah alat ibadah seperti Al-Auran, tasbih, mukena, sarung, serta sajadah. Alat-alat ibadah ini bisa membantu kamu agar tetap melakukan ibadah untuk mendapatkan pahala serta melakukan kegiatan yang bermanfaat selama traveling. Kamu juga bisa mendownload aplikasi alat ibadah ini seperti aplikasi Al-Quran, kiblat, dan lain sebagainya.

2.Pakaian Bersih untuk Ibadah

Pakaian Bersih (www.latravel.gr)

Melakukan ibadah tentunya harus dengan menggunakan pakaian yang bersih agar ibadah kamu diterima. Saat melakukan traveling, tak menutup kemungkinan jika baju kamu kotor terkena najis atau hal-hal lainnya. Oleh karena itu, selalu sediakan dua hingga tiga pakaian bersih yang khusus untuk ibadah. Jadi saat kamu akan beribadah, kamu bisa menggantinya dengan pakaian bersih tersebut. Setelah ibadah, kamu bisa mengganti lagi dengan pakaian yang sebelumnya kamu pakai.

3.Air Putih

Air Putih (images.complex.com)

Jika biasanya kamu membawa air putih saat traveling untuk diminum saat kamu haus selama di perjalanan, maka kali ini kamu harus membawa air putih untuk membatalkan puasamu saat sedang dalam perjalanan karena kamu tak akan tahu jika sudah saatnya berbuka puasa tapi kamu susah mencari warung atau minimarket yang menjual minuman. Oleh karena itu membawa air putih dalam ransel adalah wajib hukumnya saat melakukan traveling di bulan Ramadhan.

4.Buah Kurma

Buah Kurma (www.ihdeeny.com)

Selain air putih, kamu juga harus membawa makanan untuk mambatalkan puasa seperti kurma. Jika ingin membawa makanan selain kurma boleh-boleh saja kok JBers, tapi yang lebih dianjurkan adalah membawa kurma karena Rasulullah mengajarkan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis. Kurma selain bisa menjadi makanan manis yang bisa membatalkan puasa juga bisa mengganjal perut sebelum menyantap nasi. Kandungan manis alami dari kurma bisa mengembalikan tenaga yang telah kamu habiskan seharian.

5.Uang Receh

Uang Koin (pixabay.com)

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa harus membawa uang receh saat sedang traveling. Toh uang receh bukannya akan menambah berat beban barang bawaan nanti? Tenang saja JBers, uang receh yang kamu bawa ini adalah sumber dari pahala yang akan kamu dapatkan nantinya. Saat sedang traveling, pastinya kamu akan bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, inilah kesempatan untuk kamu memberikan sedekah atau infak di masjid yang kamu kunjungi. Dengan begitu, puasa dan traveling yang kamu lakukan akan menjadi berkah.

Sudah tahu khan lima benda yang harus kamu bawa saat traveling di bulan Ramadhan? Jangan lupa dibawa ya JBers dan happy traveling! (jow)