Ketika berkunjung ke Kota Cirebon maka rasanya kurang lengkap jika tak mampir ke tempat wisata belanja. Salah satu tempat wisata belanja yang menarik adalah batik khas Cirebon yang bisa anda jumpai di kawasan kota atau tempat wisata lainnya. Ada banyak jenis batik yang akan membuat anda bingung untuk memilihnya.

Sebagai kota yang terkenal akan  batik motif mega mendung, rupanya Cirebon selalu memproduksi jenis batik yang berwarna-warni. Bahkan sebagian dari batik Cirebon diklaim mempunyai warna yang sangat mencolok, sehingga mengundang perhatian wisatawan. Nah, berikut ini referensi tempat belanja batik khas Cirebon yang harus anda sambangi.

1.Pasar Kanoman

Pasar Kanoman, Cirebon

Memang tidak ada salahnya anda pergi ke Pasar Kanoman yang menawarkan oleh-oleh khas Cirebon dengan harga sangat miring. Keberadaan pasar yang satu ini di Jalan Kanoman, tepatnya di kawasan Kota Tua Cirebon. Rupanya di Pasar Kanoman bukan hanya menyediakan batik, namun ada pula makanan asli Cirebon seperti blakutak, ikan pari asap, hingga cumi bulat gemuk nikmat, bahkan tersedia kerupuk melarat dan rengginang udang.

2.Pasar Pagi

Pasar Pagi, Cirebon

Kini saatnya anda menuju ke Pasar Pagi yang merupakan tempat belanja oleh-oleh murah meriah. Maka tak heran, pasar yang lokasinya di Jlaan Siliwangi ini banyak dipadati para pengunjung, terutama kalangan wisatawan. Jika anda berada di bagian lantai dasar, maka akan menjumpai toko-toko penjal oleh-oleh khas Cirebon seperti batik yang bermotif mencolok dan menarik indah. Sama halnya dengan Pasar Kanoman, camilan khas Cirebon juga dijual di Pasar Pagi.

3.Batik Trusmi

Batik Trusmi

Batik Trusmi termasuk tempat yang sejatinya diambil dari nama penyebar Islam di Trusmi, yakni Ki GedeTrusmi dan juga merupakan sebuah nama desa. Sebetulnya, kawasan Trusmi sendiri terkenal sebagai sentra batik khas Cirebon. Anda tidak hanya dapat menemukan batik motif megamendung, akan tetapi juga batik Pekalongan, hingga batik dari daerah lain di Jawa Tengah. Selain itu, tesedia batik tulis, cetak dan gantungan kunci batik. Untuk lokasinya sendiri di  Jl Trusmi Kulon No 148, Plered.

4.Toko Pangestu

Toko Pangestu, Cirebon

Selanjutnya adalah Toko Pangestu yang terletak di Jl Sukalila Selatan No 49, atau lebih tepatnya saling berdekatan dengan Toko Daud dan Pasar Pagi Cirebon. Toko ini sangat legendaris, karena telah berdiri sejak tahun 1992. Hanya di Toko Pangestu, anda akan menjumpai beragam kuliner, mulai dari abon udang ebi, dendeng udang, terasi, petis, kerupuk rambak, hingga tape ketan. Tentu saja toko tersebut, menawarkan aneka batik aski dari Kota Cirebon.

5.Toko Daud

Toko Daud, Cirebon

Satu lagi tempat belanja batik yang terkenal yakni Toko Daun, dimana berada di Jalan Sukalila Utara No 4D, dekat dengan Pasar Pagi Cirebon. Bahkan bukan hanya menawarkan batik, Toko Daun juga menyediakan aneka kuliner khas Cirebon seperti kerupuk, terasi, hingga camilan manis. Anda pun tak usah khawatir untuk masalah harga barang di Toko Daud, karena dibanderol mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 40 ribu. (jow)