Evolusi Kostum Wonder Woman dari Dulu Hingga Kini


Seperti karakter superhero komik lainnya, Wonder Wowan juga hadir dengan kostum khasnya. Bila kostum Superman dihiasi lambang ‘S’ di bagian dada atau Batman dengan siluet kelelawar, Wonder Woman tampil dengan gaya yang patriotik namun seksi. Diciptakan William Moulton Marston untuk seri komik DC Comics, Wonder Woman beraksi pertama kali pada 1941. Seiring berjalannya waktu, kostum si Putri Diana dari Themyscira, Amazon, itu ikut berevolusi. Berikut ini evolusi kostum Wonder Woman dari dulu hingga ini, seperti dilansir dari Halloweencostumes, Selasa (6/6/2017).

1. Kostum tahun 1941

Kostum Wonder Woman tahun 1941 (Halloweencostumes)

Kostum perdana Wonder Woman diciptakan oleh H.G. Peter dengan bantuan ide dari sang pengarang komik. Kala itu, superhero berkarakter patriotik atau muncul dengan atribut kenegaraan sedang populer (komik Captain Amerika dirilis pada tahun yang sama). Maka, hadirlah elemen garis dan bintang bernuasa merah, biru, putih (simbol bendera Amerika Serikat) pada kostum two-piece yang teridiri dari cropped top dan rok tersebut. Tidak ketinggalan ornamen emas berbentuk burung elang yang menempel pada dadanya. Sebagai penyempurna, Wonder Woman mengenakan boots tinggi merah beraksen garis putih dan tiara untuk menegaskan identitasnya sebagai putri raja.

2. Kostum tahun 1974

Kostum Wonder Woman tahun 1974 (Halloweencostumes)

Sejak kemunculan perdananya, kostum Wonder Woman tidak mengalami perubahan signifikan hingga kisahnya diangkat ke layar kaca pada 1974 silam. Wonder Woman, diperankan oleh Cathy Lee Crosby, muncul dalam balutan shirtdress biru-merah lengan panjang berhiaskan detail bintang-bintang yang dipadu dengan legging biru dan boots biru. Perubahan itu rupanya kurang disukai penggemar sehingga tim kreatif mengubah lagi kostum seperti bentuk awalnya dengan sedikit sentuhan baru. Kostum itu muncul di serial “Wonder Woman” setahun berikutnya.

3. Kostum versi serial TV (1975)

Kostum Wonder Woman versi serial TV (Halloweencostumes)

Versi Wonder Woman yang paling dikenal tentu saja adalah versi Lynda Carter yang membintangi tokoh superhero tersebut dalam serial televisi di tahun 70-an. Kostum dalam versi serial TV ini tak begitu banyak berubah dibandingkan versi awalnya. Perbedaannya adalah celana warna biru dengan motif bintangnya dibuat lebih pendek, sehingga memperliatkan paha dari Wonder Woman.

4. Kostum tahun 1995

Kostum Wonder Woman tahun 1995 (Halloweencostumes)

Perubahan dramatis terjadi lagi pada kostum Wonder Woman di komik “Post-Crisis III”. Cropped top kini berganti dengan semacam sports bra bergaya halter. Garis pinggang celana pendeknya yang ketat juga naik hingga pinggul. Tidak ada lagi mahkota yang menghiasi kepalanya. Yang paling mencolok adalah perubahan warna yang kini menjadi biru dan hitam. Tidak hanya itu, Wonder Women kini dilengkapi cropped jacket biru beraksen kuning.

5. Kostum tahun 2010

Kostum Wonder Woman tahun 2010 (Halloweencostumes)

Selepas 1995, kostum Wonder Woman sempat kembali seperti dulu namun berubah drastis lagi pada 2010. Kali ini, Wonder Woman tampil dengan celana panjang biru. Cropped jacket masih menghiasi panampilannya meski warnanya berubah. Adalah Jim Lee, desainer yang merancang busana tersebut.

6. Kostum tahun 2015

Kostum Wonder Woman tahun 2015 (Halloweencostumes)

Tahun 2015, DC Comics merilis “Super Hero Girls”, lini khusus boneka superhero wanita yang ditujukan untuk para remaja putri. Lini ini juga mencakup sebuah serial TV, aplikasi, dan novel bergambar. Di lini ini, penampilan Wonder Woman kembali bertransformasi. Masih dengan legging biru, Wonder Woman versi “Super Hero Girls” ini tampil dengan atasan berwarna pink. Tampak dekorasi emas berbentuk sayap burung menghiasi area neckline. Hebatnya, busana ini dirancang oleh Jenn Rahardjanoto, art director Mattel asal Indonesia.

7. Kostum tahun 2016 dan 2017

Kostum Wonder Woman tahun 2016 dan 2017 (Halloweencostumes)

Tahun 2016 lalu, Wonder Woman menoreh sejarah karena untuk pertama kalinya muncul di layar lebar lewat film “Batman v Superman: Dawn of Justice”. Untuk momen yang bersejarah ini, Wonder Women, diperankan oleh Gal Gadot mendapatkan penampilan yang benar-benar baru. Tidak ada lagi kostum bernuansa biru-merah dengan embel-embel bintang dan garis-garis. Dalam mendesain, Michael Wilkinson, sang desainer kostum untuk film tersebut, menengok sejarah sang superhero yang diceritakan berasal dari mitologi Yunani itu. Namun banyak orang yang menyebut kostum tersebut terlihat seperti kostum Xena dari serial “Xena: Warrior Princess”. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak