Luar Biasa! Ini Deretan Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia


.telegraph.co.uk

Agama Islam memang tersebar hampir di seluruh dunia. Hal ini membuat bangunan-bangunan Islami juga turut tersebar di seluruh dunia. Peninggalannya pun kental akan sejarah dan kebudayaan Islam. Sehingga selalu penuh dikunjungi oleh masyarakat dunia dengan tujuan ingin mengenal Islam lebih dekat.

Seperti beberapa bangunan Islam ini. Bangunan-bangunan ini dibangun dengan menakjubkan. Tak hanya bentuk bangunannya yang begitu kokoh dan megah, tapi tempat-tempat ini menjadi pusat perhatian dunia. Bahkan beberapa diantaranya menjadi situs warisan dunia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan bangunan Islam yang paling menakjubkan di dunia.

1. Selimiye Mosque, Turki.

islamlaws.com

Selimiye merupakan karya terbaik yang berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam arsitektur Islam. Karena sangat indah dengan empat buah kubahnya serta sejarahnya yang begitu kuat, Masjid Selimiye masuk kedaftar situs warisan dunia oleh UNESCO. Masjid cantik ini merupakan peninggalan Ottoman di kota Edirne Turki yang dibangun atas perintah Sultan Selim II oleh seorang arsitek bernama Mimar Sinan antara tahun 1568 sampai 1574. Gambar masjid ini juga terdapat pada pecahan uang kertas 10.000 lira Turki.

2. Lal Qila, Agra, India.

thevoiceofagra.in

Lal Qila berarti Benteng Merah merupakan sebutan untuk Benteng Agra. Bangunan Islam satu ini adalah sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Agra, India. Lokasinya adalah sekitar 2.5 km ke barat laut dari Taj Mahal. Benteng yang terbuat dari batu bata ini merupakan bagian penting dari India. Sebab, di dalamnya tersimpan berbagai kekayaan negara. Tak heran, benteng berwarna eksotis ini kerap dikunjungi oleh wisatawan dan orang-orang penting dari seluruh dunia.

3. Istana Alhambra, Granada, Spanyol.

.telegraph.co.uk

Sebuah kompleks istana sekaligus benteng berdiri megah di Granada, Spanyol bagian selatan. Bangunan cantik ini bernama Alhambra. Kecantikannya sangat mirip dengan istana-istana di negeri dongeng. Alhambra merupakan bekas peninggalan kekhalifahan Bani Ummayyah yang didirikan oleh kerajaan Bani Ahmar atau bangsa Moor dari daerah Afrika Utara, sang penguasa kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Andalusia, Spanyol. Istana cantik yang dihiasi dengan ubin-ubin dan bata-bata berwarna merah ini menjadi bukti sejarah kejayaan Islam di Spanyol.

4. Jembatan Si-o-se Pol, Iran.

trekearth.com

Si-o-se Pol, juga disebut Jembatan Allah-Verdi Khan adalah salah satu dari sebelas jembatan di Isfahan, Iran. Jembatan ini termasuk dari sebelas jembatan yang ternama di negara ini dan memiliki lengkungan pada dindingnya sebanyak 33 buah. Bangunan ini dibangun sejak tahun 1599 dan terbuat dari batu dan batu bata. Jembatan yang berdiri dengan kokok dan terbentang di atas aliran Sungai Zayandeh. Panjang dari jembatan ini sekitar 297,76 meter dan memiliki lebar seluas 13,75 meter.

5. Taj Mahal, India.

cdn.com

Pesona kecantikkan Taj Mahal sudah terkenal hingga seantero negeri. Sejarahnya pun rasanya bukan lagi rahasia umum. Kaisar Mughal Sh?h Jah?n, anak Jahangir, membangun bangunan cantik ini sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Taj Mahal merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka. Karena kecantikan dan kekayaan sejarahnya, Taj Mahal pun akhirnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
81
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak