Bukan lagi rahasia jika Indonesia punya gunung-gunung cantik dan memesona yang jadi surga bagi para pecinta alam di seluruh negara. Eksotismenya membuat para pelancong jatuh cinta lagi dan lagi. Pesonanya juga membuat mereka tertarik untuk kembali, bahkan menetap untuk waktu yang lama.

Hal ini berlaku pula bagi Rémi Colbalchini (29), pria asal Perancis yang merupakan seorang pendaki gunung. Dia mempunyai rasa cinta yang tinggi pada dunia pendakian. Inilah yang membuat ia tertantang untuk melakukan sebuah ekspedisi kecil di Indonesia.

Dirinya menamai ekspedisi tunggalnya dengan sebutan Ekspedisi KakiApi. Ia memulai pendakian menjelajahi gunung-gunung berapi yang ada di Indonesia sejak 6 April 2017. Targetnya luar biasa, bisa mendaki 20 Gunung Api di Indonesia dalam waktu satu bulan! Berbekal pengalaman itu, dia kian mengenal negeri ini dan siap berbagi pengalamannya dengan orang banyak.

Instagram @KakiApi_Indonesia

“Rasanya luar biasa bisa menyelesaikan ini. Awalnya, saya sempat ragu apakah cukup 15 gunung api saja atau 20. Akhirnya, saya pastikan 20 gunung api. Ternyata, saya bisa mendaki 21 gunung api,” ucapnya seperti dilansir dari Kompas.com.

Sebelum memulai pendakian, ia menyiapkan hal-hal yang akan dibutuhkannya beberapa bulan sebelumnya, baik persiapan fisik, peralatan, maupun uang. Gunung pertama yang dituju adalah Sibayak di Medan, Sumatera Utara. Rata-rata, ia menghabiskan 3 jam untuk mendaki satu gunung dan 3 jam untuk turun. Ia bahkan menyelesaikan pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dalam 9 jam saja, lho!

Barulah tanggal 6 Mei lalu, Rémi merampungkan pendakian Gunung Iya di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Itu adalah gunung ke-21 dalam rangkaian KakiApi ini, melebihi targetnya dalam Ekspedisi KakiApi. Untuk menggapai gunung-gunung tersebut, ia kerap kali berganti-ganti transportasi. Pengalaman baru baginya karena berhasil menjajaki beragam transportasi di Indonesai, mulai dari pesawat, kereta api, kapal, menyewa sepeda motor hingga jasa ojek.

Instagram @kakiapi_Indonesia

Sebagai seorang pecinta alam, Remi juga tak kuasa menahan rasa takjubnya terhadap alam Indonesia. Tak hanya pemandangannya yang menakjubkan, faunanya yang beragam pun membuat ia jatuh cinta. Namun, satu hal yang paling ia sayangkan dari alam Indonesia, yakni banyaknya sampah yang berserakan hampir di semua gunung. Pasalnya, semakin banyak gunung itu didaki orang, semakin banyak jejak sampahnya.

Bahkan, yang menjadi hal miris menurutnya, saat dirinya tersesat ketika menemukan percabangan jalan, ia hanya lihat jejak sampahnya. “Kalau jalan itu bersih dari sampah, bisa dipastikan saya salah jalan,â? ujar pemilik akun Instagram @kakiapi_Indonesia ini.

Wah, untuk para pendaki mulai sekarang mesti menjaga lingkungan, JBers. Jangan sampai, sampah-sampahnya menodai keindahan alam Indonesia!