Pesona Gili Kapal Lombok, Pulau Unik yang Bisa Tenggelam


Gili Kapal (viewindonesia.com)

Pesona Lombok memang tak pernah habisnya. Kamu akan selalu saja dibuat terpesona oleh kecantikan alamnya yang sangat indah mulai dari Gunung Rinjani, Pantai Sekotong, Batu Bolong, serta aneka gili alias gugusan pulau-pulau kecil. Jika di bagian barat Lombok ada Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan, di bagian timur Lombok ada Gili Kondo, Golo Petagan, Gili Bidara, dan Gili Kapal. Dari sekian banyak gili tersebut, Gili Kapal menjadi gili yang terkenal akan keunikannya. Pulau kecil yang satu ini bisa muncul dan tenggelam dengan sendirinya loh JBers. Kok bisa?

Gili Kapal (ytimg.com)

Gili Kapal Lombok adalah gili yang unik dan sangat istimewa karena hanya muncul pada saat tertentu ini  hanya bisa kamu datangi air laut sedang surut. Waktu air laut surut ini hanya pada pagi dan sore hari. Jadi usahakan jika ingin datang ke Gili Kapal, kamu harus siap-siap bangun pagi karena momen terbaik mengunjungi pulau ini adalah saat pagi hari. Pantulan cahaya sinar matahari yang terbit akan membuat birunya air di Gili Kapal menjadi sangat sempurna.

Gili Kapal (caderabdul.files.wordpress.com)

Gili Kapal Lombok sering disebut dengan gili pasir karena pulau ini hanya terdiri dari pasir saja. Tak ada satu pun pohon yang bisa dijadikan tempat berteduh serta tak ada satupun binatang yang tinggal di atasnya. Sekitar seperempat bagian pulai ini tidak ditumbuhi koral sehingga kamu bisa berenang bebas tanpa merusak koral. Pada bagian bawah Gili Kapal dipenuhi dengan biota laut yang sangat indah seperti terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Bagi kamu yang suka snorkeling dan diving, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut secara gratis tanpa dipungut biaya.

Gili Kapal (diditpharm.blogspot.co.id)

Bagi kamu yang ingin datang menuju Gili Kapal ini, kamu bisa berangkat dari kota Mataram menuju dermaga Gili Lampu dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Setelah sampai di dermaga, barulah kamu menggunakan perahu untuk menuju beberapa Gili yang mengelilingi bagian timur Lombok. Biasanya rute yang digunakan adalah Gili Kondo-Gili Bidara-Gili Petagan-Gili Kapal. Gili Kapal selali diletakkan di akhir perjalanan karena tak setiap waktu kamu bisa melihatnya. Untuk biaya sewa kapal  ini kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 300.000-Rp 400.000. Harga ini termasuk murah kok JBers karena biasanya satu kapal bisa muat sekitar sepuluh orang. Jadi kisaran harganya hanya Rp 30.000-Rp 40.000 saja per orangnya. Jika kamu beruntung, ada kapal yang sekaligus menyediakan peralatan snorkeling gratis untuk bisa kamu nikmati.

Gili Kapal di Lombok (wisatalombok.com)

Tak suka snorkeling, kamu bisa berfoto-foto dengan background pemandangan alam asri seolah sedang berada di studio foto alam terbuka tanpa batas. Meski hanya pulau kecil, tapi kamu bisa mengambil foto dari segala arah dengan pemandangan yang berbeda-beda. Misalnya saja di sebelah barat, kamu bisa berfoto dengan pemandangan background Guung Rinjani dan Gili Petagan. Pada bagian timur, kamu bisa berfoto dengan latar background Pulau Sumbawa lengkap dengan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Pada sebelah selatan ada Gili Kondo. Sementara di bagian utara ada Laut Selat Alas. Jadi, bisa dipastikan kamu tak akan mati gaya berfoto di sini.

Jadi penasaran ingin menyaksikan langsung kecantikan pulau unik yang satu ini? Yuk, ajak teman-temanmu untuk ikut traveling ke Lombok untuk membuktikan sendiri sensasi Gili Kapal. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak