Tribunnews

Setiap manusia bebas dalam menentukan agama dan keyakinan. Di Indonesia sendiri setidaknya ada 5 agama yang dianut oleh masyarakat. Meskipun agama yang dianut berbeda-beda, tapi manusia tetaplah harus berbuat baik kepada sesama dan hidup berdampingan. Dalam lingkungan keluarga sendiri pun adakalanya para anggota keluarga menganut agama yang berbeda.

Begitu pula yang terjadi para sederet seleb Tanah Air ini. Beberapa seleb ini ternyata menganut agama yang berbeda dengan  keluarganya. Alasannya beragam, karena mengikuti agama ayah atau ibunya atau memilih pindah agama saat dewasa.

Namun, meski demikian perbedaan itu tidak menjadikan hubungan darah itu menjadi renggang. Buktinya, hal itu tetap membuat hubungannya dengan keluarga masing-masing tetap berjalan harmonis. Berikut lima artis Tanah Air yang memiliki agama berbeda dengan orangtuanya, namun tetap hidup harmonis.

1. Nana dan Naysila Mirdad.

Instagram

Dua saudara kandung ini merupakan anak dari pasangan artis Lidya Kandou dan Jamal Mirdad. Bukan lagi rahasia jika Jamal yang seorang Muslim, menikahi Lidya yang beragama kristen, tapi pasangan beda agama ini begitu harmonis.

Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai 4empat anak dua diantaranya adalah Nana dan Naysila. Nana dan Naysila mengikuti agama ibunya yakni Kristen sementara dua anak lainnya mengikuti agama sang ayah. Meskipun kini telah pasangan tersebut bercerai, hal ini tidak menjadikan keluarga ini kehilangan kekompakkannya.

2. Eva Celia.

Instagram

Eva Celia adalah putri pertama Sophia Mueller dari pernikahannya dengan musisi jazz Indra Lesmana. Eva dan Sophia ternyata menganut agama yang berbeda. Seperti diketahui, tahun 2014 lalu Sophia memutuskan menjadi mualaf, sementara Eva beragama Katolik. Meski demikian, tak ada alasan yang membuat hubungan ibu dan anak ini renggang.

Eva bahkan mengaku menghormati apapun langkah yang diambil Sophia untuk menjadi seorang Muslim. Terlebih ia sejak kecil memang tumbuh dengan keluarga yang memiliki pikiran terbuka. Sophia sendiri bahkan tetap menemani Eva merayakan Natal.

3. Rianty Cartwrigh.

Liputan6.com

Dikenal sebagai pemeran sosok Islami, Aishah di film Ayat-ayat Cinta, Rianty Carwright ternyata beragama Katolik. Dia terlahir sebagai seorang Muslim, tapi kemudian memutuskan pindah agama dari Islam ke Katolik beberapa saat sebelum menikah di luar negeri dengan suaminya, Cassanova Alfonso.

Keputusannya itu tak lantas membuat hubungannya dengan orangtuanya tak harmonis. Rianty tetap ikut merayakan Lebaran, sebagaimana yang ia jalani setiap tahunnya. Bahkan, Rianti menuturkan dirinya tetap ikut mudik untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi bersama keluarga di Bandung.

4. Dian Sastrowardoyo.

Instagram

Toleransi beragama begitu dirasakan artis cantik Dian Sastrowardoyo. Perbedaan keyakinan yang ada antara dirinya dan sang ibunda Dewi Parwati Setyorini tidak membuat hubungan keduanya merenggang. Wanita kelahiran 16 Maret 1982 ini mengaku mendapat dukungan penuh menjalani kehidupan sebagi muslimah. Bahkan sang ibunda sempat terharu ketika Dian menghatamkan Al Quran.

Dian menambahkan ketika dirinya memilih jalan sebagai muslimah sang ibunda begitu berhati besar. Ibu dari Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo dan Ishana Ariandra Nariratana Sutowo ini merasa begitu bersyukur memiliki orang tua yang menjunjung tinggi toleransi beragama.

5. Reza Rahadian.

Tribunnews

Aktor serba bisa, Reza Rahadian, juga memiliki keyakinan berbeda dengan sang bunda. Reza merupakan seorang Muslim mengikuti keyakinan ayahnya, sementara ibunya seorang nasrani. Pemain film Habibie & Ainun ini saat ini masih tinggal bersama ibunya, keluarga besarnya pun mayoritas Nasrani.

Namun, keharmonisan masih dapat terjalin walaupun memilki perbedaan keyakinan. Sejak kecil Reza selalu dibantu dan didukung oleh ibunya ketika menjalankan ibadah, misalnya puasa Ramadan seperti saat ini. Tak hanya itu, Reza pun selalu ikut merayakan hari Natal bersama ibu dan keluarganya yang Nasrani.