Cara mengekspresikan tertawa dalam chatting berbeda di masing-masing negara. Orang Amerika misalnya, kebanyakan mereka menuliskan kata LOL ( Laughing Out Loud) untuk mengepresikan rasa lucunya. Atau Thailand yang menulis 555 untuk menggantikan ha-ha-ha. Kalau orang Korea menuliskan kkkkk dan ah ah ah penyebutan orang Italia.

Lalu di Indonesia sendiri mengenal kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. Netizen seringkali menggunakan kata “wkwk” (baca: weka-weka) untuk ekspresi kala gembira, senang, dan geli tersebut. Menariknya, “wkwk” pun kabarnya hanya digunakan di kalangan orang Indonesia saja.

Lalu mengapa harus “wkwk” ya?

Melansir dari Kompas.com, pertanyaan tersebut terjawab saat muncul di situs tanya jawab Quora. Para pengguna situs asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut. Salah satunya pengguna bernama Dio Wijayanto Nugroho. Ia menuturkan bahwa kata “wkwk” sebenarnya lahir di komunitas game online.

Awalnya, menurut Dio, para pemain lebih gemar menggunakan kata “gua” sebagai pengganti “saya”. Lambat laun, kata tersebut pun berganti menjadi “gw” karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf saja.

Perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa. Penggunaan kata “haha” dianggap sangat formal di dunia game. Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata “huehue” dan “huahua” untuk ekspresi tertawa.  Nah, sama seperti “gua” menjadi “gw”, huruf “u” yang ada di “huehue” dan “huahua” diubah menjadi “w”. Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata “hwhwhw”.

Kemudian kata itu berubah lagi menjadi “wkwk” dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan “haha”. Pemain game online bisa mengetikkan huruf “w” dengan tanpa menggerakan tangan kiri. Sementara itu, huruf “k” bisa diketik tanpa menggerakan tangan kanan. Itulah asal mula kata “wkwk”.

Johannes Sulistyo, pengguna Quora lainnya, menambahkan para pemain game online di zaman itu gemar juga menuliskan kata “ka-ka-ka” sebagai ekspresi tertawa sarkastik. Penggunaan kata itu diambil dari “ngakak”. Lebih lanjut, penggunaan kata “wakaka” digunakan sebagai pengganti “ka-ka-ka” tersebut. Kemudian, untuk membuatnya semakin sederhana, dibuatkan kata “wkwk”.

Apa kamu salah satu pengguna kata “wkwk”, JBers?