Nasi Lengko

Apakah kamu berencana pergi ke Cirebon akhir pekan ini? Jangan sampai lewatkan aneka ragam kuliner Cirebon yang memuaskan lidah anda, sehingga mampu membuatnya hingga merasa ketagihan. Pasalnya kuliner khas Cirebon memiliki keistimewaan tersendiri, dimana akan dimasak dengan bahan-bahan alami dan bumbu dapur yang pas.

Maka dari itu, jika kamu sedang jalan-jalan di kota Cirebon, sempatkan untuk mencicipi makanan lezat ala kota ini. Beberapa di antara yang paling terkenal dan sangat enak, seperti nasi lengko, tahu genjrot, hingga jamblang. Semua itu, bisa anda jumpai di pinggiran jalan menuju kota tersebut. Nah, untuk selengkapnya berikut makanan asli Cirebon yang terpopuler dan banyak dicari orang.

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Nasi lengko merupakan salah satu makanan yang terdiri dari beberapa bahan, seperti tempe, tahu, kuca, toge, bumbu kacang, dan sedikit air. Makanan tersebut patut anda coba, terutama untuk disantap secara bersama-sama dengan keluarga. Biasanya makanan ini cocok ditemani dengan sate kambing karena rasanya lebih nikmat. Maka jangan heran saat kam hendak membeli nasi lengko, kemungkinkan ditawari pula sate kambing. Adapun nasi lengko yang paling terkenal di Cirebon adalah Nasi Lengko Bahagia dan Nasi Lengko Pagongan.

2. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot memang wajib anda coba karena termasuk camilan yang enak dari Kota Cirebon. Pasalnya ciri khas tahu genjrot yang terletak pada kuahnya, terutama ketika dicampur dengan cabe rawit dan bawang. Biasanya para wisatawan menjadikan tahu genjrot sebaagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Namun ada tahu genjrot yang cukup terkenal untuk disantap, yakni di depan manisan Shinta di kawasan Pasar Kanoman.

3. Jamblang

Jamblang

Jamblang adalah makanan yang cukup terkenal di Indonesia, khususnya di daerah Cirebon. Hal ini karena makanan tersebut terdiri dari banyak variansi lauk pauk, di antaranya adalah tahu, tempe, daging, telor, sate kentang, tahu sayur, ikan asin, hingga sambal goreng. Setidaknya anda tidak akan bingun untuk memilih variasi yang ditawarkan oleh makanan tersebut. Bukan hanya terasa enak, makanan ini juga dibandrol dengan harga cukup murah.

4. Empal Gentong

Empal Gentong

Makanan khas Cirebon berupa Empal gentong yang banyak digemari masyarakat setempat maupun kalangan penikmat kuliner. Empal gentong disajikan bersama daging sapi, kucai, dan kuahnya tidak menggunakan santan. Adapun rasanya sangat menggugah selera makan terutama pada jam-jam makan siang. Jika penasaran, cobalah menyambangi Empal Mang Dharma atau di pinggiran jalan untuk menemukan penjual empal gentong.

5. Mie Yamin

Mie Yamin

Satu lagi Mie Yamin yang diolah dari bahan-bahan seperti mie, ayam, daun bawang, dan terdiri dari rasa manis, asin, dan sedang. Anda pun bisa menambahkan makanan ini dengan siomay, baso, baso tahu atau pangsit. Adapun mie ayam yang paling banyak dicari adalah Mie Pow yang berada di depan Grage, tepatnya di pusat perbelanjaan Cirebon atau Jalan Cipto. Jangan lupa mencoba baso tahu sebagai pendamping Mie Yamin.