Kehidupan para pemegang kekuasaan di Indonesia memang sangat erat dengan keglamoran dan kemewahan. Sebagai pejabat, tentu mereka punya semuanya. Apalagi selain mendapatkan penghasilan dari jabatan yang diembannya, mereka juga kerap mempunyai bisnis lain yang nilainya tidak kecil. Jadi, ya, wajar saja kalau tampil mewah.

Namun, ada beberapa pejabat Indonesia yang tertangkap kamera menunjukkan kesederhanaan dan apa adanya. Bukan hanya sekadar penampilan saja, tapi mereka juga melakukan tindakan-tindakan yang sangat langka dilakukan oleh orang sekelas pejabat. Penasaran seperti apa? Berikut ini ulasannya.

1. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan.

Saat menjabat, Dahlan Iskan dikenal sebagai sosok yang sederhana dan bersahaja. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara ini tak jarang naik ojek untuk menghadiri berbagai acara kenegaraan. Sebelumnya, Dahlan pernah naik ojek dari Stasiun Bogor menuju Istana Bogor untuk menghadiri rapat kerja terbatas di Istana. Dahlan naik ojek setelah sebelumnya menggunakan kereta api menuju Bogor.

2. Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama juga pernah berjalan kaki saat bertugas. Satu kesempatan ia berjalan kaki menuju kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI). Mobil van yang membawa Ahok, sapaan Basuki, beserta rombongan berhenti di depan Gedung MPR/DPR RI akibat kemacetan di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta. ?Ahok yang tampak mengenakan batik warna cokelat langsung turun dari mobil. Ia berjalan ke jembatan penyeberangan orang (JPO) menuju Gedung BPK yang ada di seberang jalan. Sebelumnya dia juga pernah jalan kaki menuju SCTV.

3. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Dunia maya sempat dibuat terkejut leh viralnya foto Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Ia tertangkap kamera sedang tertidur di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Dilansir dari Kompas.com, saat foto tersbeut diambil, ia sedang melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah, yakni Tolitoli, Palu, Ciamis, dan Banyuwangi. Dalam foto tersebut, oia dan rombongannya sedang transit di Banyuwangi. Karena lelah, ia pun memutuskan untuk tidur sebentar di kursi bandara.

4. Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini juga pernah kelelahan dan tertidur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta bulan Februari lalu. Fotonya yang beredar di jagat media sosial pun langsung heboh. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh Fuad Benardi, putra dari Risma melalui akun Instagram. Menurut penuturan Fuad, Risma baru pulang pukul 2 pagi karena mencari seorang anak hanyut di sungai. Pagi harinya ia langsung berangkat pukul 4.30 pagi untuk ke Juanda. Mau pulang ternyata landasan di Juanda rusak dan baru buka perkiraan jam 12 malam sehingga berangkat jam 11 malam.

5. Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

Susi Pudjiastuti memang dikenal sangat sederhana dan apa adanya. Menteri nyentrik satu ini membuat publik heboh beberapa hari yang lalu. Ia tertangkap kamera sedang tertidur di Bandara John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat  usai menghadiri Konferensi PBB mengenai kelautan yang 5-9 Juni 2017 di markas besar PBB di New York. Dalam acara itu dia mendapat pujian dari aktor dunia sekaligus pemerhati lingkungan, Leonardo DiCaprio.