Pantai adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak, pantai selalu menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dan secara otomatis mempunyai banyak pantai. Saat berkunjung ke pantai, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bermain pasir, bermain bola, berenang, dan aktifitas lainnya. Saat berada di pantai, tentu kita membutuhkan beberapa peralatan yang bisa digunakan baik untuk melakukan aktifitas di pantai atau untuk keperluan lain. Berikut ini adalah 5 peralatan yang wajib dibawa saat berwisata ke pantai agar wisata kamu menjadi lebih nyaman.

1. Topi Lebar

Topi Lebar

Topi dengan tepi yang lebar akan sangat membantu kamu ketika berada di pantai. Topi dapat melindungi kepala dari sengatan sinar matahari secara langsung. Topi dengan tepian yang lebar akan membantu kamu saat melihat sekeliling ketika cuaca sedang terik. Apabila tidak memakai topi, kita akan kesulitan untuk melihat sekeliling saat matahari sedang terik. Selain itu, fungsi topi lainnya adalah dapat melindungi rambut kamu agar tidak rusak dan merah. Rambut yang terkena sinar matahari dengan intensitas yang lama akan membuat rambut tersebut menjadi berwarna kemerahan serta memicu terjadinya masalah lain seperti ketombe, rambut rontok, dan masalah lainnya.

2. Kacamata hitam / kacamata surya

Kacamata hitam / kacamata surya

Memakai kacamata saat berada di pantai memang tidak wajib, namun hal tersebut sangat penting terutama saat siang hari. Ketika siang hari, matahari akan menyinari dengan sangat terik sehingga membuat penglihatan menjadi silau. Selain silau, mata yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari akan berakibat buruk pada kesehatan mata. Untuk itu, bawalah kacamata yang berwarna hitam agar pkamungan menjadi lebih jelas dan tidak silau. Selain itu, kacamata hitam akan melindungi mata kamu dari berbagai efek buruk sinar matahari. Selain menghindari sengatan matahari, kacamata juga penting untuk menghalau pasir / debu yang beterbangan di pantai.

3. Krim tabir surya

Kacamata hitam / kacamata surya

Krim ini sangat penting untuk dioleskan di seluruh kulit sebelum melakukan kegiatan di pantai. Ketika berada di pantai, kulit akan terpapar sinar matahari secara terus menerus. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet ini akan membuat kulit menjadi kering, hitam, mengelupas, atau masalah lainnya. Untuk itu, oleskan krim tabir surya atau sunblock ke seluruh tubuh terutama pada muka untuk menghindari masalah kulit akibat sinar matahari. Dengan memakai krim tabir surya sesaat sebelum beraktifitas di pantai, maka aktifitas kamu di pantai akan lebih nyaman dan aman tanpa takut terkena sinar matahari.

4. Baju renang & sandal

Baju renang & sandal

Membawa baju renang atau celana pendek saat berada di pantai tentu sangat penting, mengingat aktifitas di pantai terkadang membuat kita basah. Tentu pergi ke pantai kurang lengkap rasanya kalau belum menikmati air lautnya baik dengan cara snorkeling atau menikmati deburan ombak. Baju renang dan skamul akan sangat membantu kamu dalam melakukan aktifitas di pantai karena beratnya yang ringan serta mudah kering.

5. Baju ganti dan peralatan mandi

Baju ganti dan peralatan mandi

Membawa baju ganti saat berwisata ke pantai adalah hal yang tak boleh ketinggalan. Saat kita berada di pantai, tentu kita akan melakukan banyak kegiatan seperti berenang atau snorkeling yang membuat pakaian kita menjadi basah dan kotor. Untuk itu, kita memerlukan baju ganti agar perjalanan pulang menjadi nyaman. Selain itu, bawa juga peralatan mandi untuk membersihkan badan dan rambut setelah seharian berada di pantai.

 

Itulah 5 peralatan yang tak boleh ketinggalan saat berwisata ke pantai. Dengan mempersiapkan peralatan tersebut, wisata ke pantai akan menjadi liburan yang menyenangkan sekaligus berkesan karena tidak kekurangan suatu apapun. Saat berada di pantai, ikutilah peraturan dari petugas pengawas pantai agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. (jow)