Foto Transformasi Kota Jakarta Dulu dan Sekarang

Kota Jakarta, yang merupakan ibukota negara Indonesia, tak selalu identik dengan macet atau mal-mal yang menjamur di sudut kota. Nyatanya, kota Jakarta dulu pernah menjadi kota yang nyaman ditinggali karena gedung masih jarang dan masih hijau.

Sebelum ramai dan macet, jalanan kota Jakarta zaman dulu terlihat lebih lengang dan lebih enak dilewati dibandingkan zaman sekarang yang macet setiap harinya. Bahkan jalan utama seperti jalan Sudirman masih belum banyak kendaraan lalu lalang seperti sekarang.

Hal itu dikarenakan masih banyak orang Jakarta yang lebih memilih untuk berjalan kaki atau mengendarai sepeda.

Bukan hanya macet saja, Kali Ciliwung dulunya terlihat lebih bersih dan bebas sampah. Namun lihat kondisinya kini. Meskipun sempat ada pembersihan, namun Kali Ciliwung masih belum bebas dari sampah.

Namun ada yang menarik. Perpustakaan Nasional yang berlokasi di daerah Salemba ternyata dulunya adalah sebuah sekolah elit bernama HBS KW III (Hoogere Burger School Koning Willem III). Sekolah itu pun bukan berbentuk gedung seperti sekarang ini, melainkan seperti pendopo. Kemudian sekolah itu pun dijadikan Perpustakaan Nasional.

Kamu bisa lihat tranfsormasi kota Jakarta dulu dan sekarang lewat foto-foto berikut ini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Selain Cantik dan Jago Akting, 5 Aktris Ini Juga Punya Suara Merdu

62 Superhero Ini Bertarung di Avengers: Infinity War