Kemudahan mengakses informasi seringkali membuat pengguna media sosial menelan mentah-mentah apa yang mereka dapatkan di dunia maya. Padahal tak semua yang beredar di internet itu benar-benar terjadi di dunia nyata. Seperti misalnya foto-foto ini, yang ternyata hanya editan.

1. Foto kastil di atas karang

Foto sebuah kastil di atas karang (Clipmass)

Foto kastil di atas karang ini dipercaya ada di Dublin, Irlandia. Namun sayangnya foto tersebut hanyalah editan dari dua objek yang berbeda. Aslinya tak ada kastil di atas karang tersebut.

2. Bocah Suriah tidur di antara makam orangtuanya

Bocah Suriah tidur di antara makam orangtuanya (Gizmodo)

Foto seorang bocah tidur di antara makam orangtuanya ini benar-benar viral dan menyentuh hati banyak orang. Sayangnya, foto tersebut hanya bagian dari proyek seni fotografer bernama Abdul Aziz al-Otaibi. Foto tersebut tidak ada kaitannya dengan krisis kemanusiaan di Suriah.

3. Einstein naik sepeda membelakangi ledakan nuklir

Einstein naik sepeda membelakangi ledakan nuklir (Clipmass)

Foto ini dipercaya diambil saat uji coba nuklir di Nevada tahun 1962. Padahal aslinya foto ini hanya editan dua objek yang tak ada kaitannya sama sekali. Einstein sendiri meninggal pada tahun 1955.

4. Proses pembuatan logo Metro Goldwyn Mayer

Proses pembuatan logo Metro Goldwyn Mayer (Omaga)

Foto ini menunjukkan proses pembuatan logo Metro Goldwyn Mayer yang identik dengan singa yang mengaum. Pelindung satwa liar sangat marah ketika melihat foto ini. Padahal foto aslinya adalah seekor singa yang sedang menjalani test kesehatan lewat mesin MRI.

5. Pesawat luar angkasa menembus awan

Pesawat luar angkasa menembus awan (Gizmodo)

Meski menakjubkan, sayangnya foto ini palsu. Foto aslinya adalah pesawat ulang alik Challenger masih berada di tempat peluncuran pada bulan November 1982, bukan setelah meluncur.

6. Singa hitam

Singa hitam (Clipmass)

Netizen heboh ketika mengetahui ada singa berwarna hitam. Sayangnya foto itu cuma editan. Foto aslinya hanya seekor singa jantan seperti pada umumnya.

7. Foto bayi menendang perut ibunya

Foto bayi menendang perut ibunya (Jengmak)

Seorang wanita memang bisa merasakan bayinya bergerak saat hamil tua, namun faktanya dinding perut terlalu tebal hingga kaki bayi tak bisa terlihat menendang oleh mata telanjang. Foto yang banyak beredar di internet ini palsu dan tak diketahui sumber aslinya.

8. Foto Presiden AS, George Walker Bush membaca terbalik

George Walker Bush membaca terbalik (Clipmass)

Cerita tentang Presiden Bush membaca buku terbalik memang menjadi bahan lelucon pada saat itu. Sayangnya, foto itu hanyalah editan. Aslinya Bush membaca dengan benar.

9. Pilot selfie di udara

Pilot selfie di udara (Clipmass)

Banyak yang terkagum-kagum dengan aksi pilot ini. Namun foto itu hanyalah editan belaka. Foto yang asli memang selfie, tapi saat pesawat masih berada di landasan.

10. Foto beberapa fotografer lari dari kejaran beruang

Foto beberapa fotografer lari dari kejaran beruang (Brilio)

Foto ini terkenal dengan nama “Behind the Scenes at National Geographic”. Dalam foto tersebut tampak empat pria lari terbirit-birit karena dihampiri seekor beruang. Sayangnya, foto tersebut palsu. Foto aslinya adalah tanpa beruang. (tom)