Lombok menjadi destinasi wisata favorit yang menjadi candu bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Rasanya tak akan puas mengunjungi Lombok hanya dalam satu kali karena kamu pasti akan balik dan balik lagi untuk menikmati keindahan alam Lombok. Selalu ada saja sudut di Lombok yang bisa kamu jelajahi untuk liburan. Tak hanya Gili Trawangan dan gili-gili lainnya yang bisa kamu datangi, tapi juga ada beberapa tempat yang masih belum dijamah banyak wisatawan karena hanya warga lokal saja yang tahu sehingga sering dijuluki sebagai surga tersembunyi di Lombok. Penasaran ingin tahu ada tempat wisata di lombok terbaru ? Mari kita lihat JBers!

1. Bukit Anak Dara

Bukit Anak Dara (www.thelangkahtravel.com)

Bukit Anak Dara merupakan tempat wisata di lombok terbaru yang terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur. Bukit ini menjadi bukit tertinggi kedua di Lombok karena berada di ketinggian 1921 mdpl. Bukit Anak Dara cukup susah untuk didaki karena medannya yang sangat menanjak. Bagi pendaki pemula, dibutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam lamanya untuk mendaki. Tapi setelah sampai di puncak, perasaan lelah akan langsung terbayar dengan menikmati pemandangan super kece. Waktu terbaik saat datang ke sini adalah sore hari karena kamu bisa melihat sunset yang sangat indah. Untuk tiket masuk, kamu hanya dikenakan Rp 10.000 saja. Tapi jika ingin menyewa pemandu, kamu harus membayar Rp 100.000. Di sini kamu juga berkemah loh JBers.

2. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Pelangi Kembar Tiu Teja (wisatalombok.com)

Air terjun Tiu Teja atau yang lebih dikenal dengan nama air terjun kembar adalah air terjun yang terletak di Desa Santong, Lombok Utara. Untuk dapat mencapai tempat wisata di lombok terbaru ini, kamu bisa naik kendaraan bermotor selama dua jam dari pusat kota Mataram. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan berada tersembunyi di dalam belantara hutan Gunung Rinjani. Ada satu fenomena unik dari air terjun Tiu Teja ini, yakni pelangi yang muncul di balik air terjun. Hal ini diakibatkan derasnya air yang meluncur dari dua air terjun yang mendapat sinar matahari. Pelangi inilah yang membuat air terjun ini dinamakan â??tiuâ?? yang dalam bahasa Sasak Lombok memiliki arti pelangi.

3. Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek

Air Terjun Mangku Kodek Mangku Sakti Lombok (kesiniaja.com)

Ingin mendatangi dua tempat wisata sekaligus? Kamu bisa datang ke air terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek yang letaknya bersebelahan. Kedua air terjun ini berada di Desa Sajang, Lombok Timur. Air terjun Mangku Sakti lebih besar dibanding air terjun Mangku Kodek dan berada lebih tinggi sehingga aliran air dari Mangku Sakti akan mengalir ke Mangku Kodek yang berada di bawahnya. Meski berada pada aliran air yang sama, tapi warna air di Mangku Sakti berwarna lebih bening sedangkan air di Mangku Kodek berwarna biru toska. Air terjun Mangku Kodek lebih sepi dibanding air terjun Mangku Sakti sehingga saat berenang di Mangku Kodek, kamu akan merasakan suasana seperti berenang dalam kolam pribadi.

4. Bukit Merese

Bukit Merese (wisatalombok.com)
Bukit Merese (wisatalombok.com)

Bukit Merese yang berada di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Lombok Tengah. Kawasan ini terletak dekat dengan pantai Tanjung Aan. Bukit Merese memiliki rumput yang sangat hijau dengan langit yang jernih. Selain pemandangan pantai dan laut yang terhampar indah, ada pemandangan unik yang kamu temukan di bukit ini. Jika kamu datang pada siang hari, maka kamu akan menemukan puluhan kerbau yang sedang makan rumput di bukit ini. Oleh karena itu, bukit Merese sering dijuluki sebagai tempat wisata di lombok terbaru  mirip Selandia Baru.

5. Air Terjun Tibu Ijo

Air Terjun Tibu Ijo (pinterest.com)

Terakhir ada air terjun Tibu Ijo yang terletak di Desa Kekait, Lombok Barat. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja dari kota Mataram. Air terjun ini merupakan air terjun kecil dengan ketinggian hanya sekitar dua hingga tiga meter saja dengan banyak kolam-kolam kecil di bawahnya. Volume air terjun ini akan menjadi deras saat musim hujan tiba. Ada dua keunikan air terjun Tibu Ijo, yakni air terjun yang berwarna biru toska yang jernih. Selain itu, meski terlihat kecil, tapi kolam yang ada di air terjun ini sangat dalam loh. Jadi buat kamu yang tidak bisa berenang harus waspada ya saat ingin menceburkan diri di kolam air terjun Tibu Ijo.

Cantik-cantik bukan kelima surga tersembunyi di atas? Jangan lupa untuk datang ke sana ya saat berwisata ke Lombok! (jow)