Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling digemari di Indonesia. Wisata alam adalah daya tarik utama yang dimiliki pulau ini. Ada banyak sekali pantai, lautan, bukit, gunung, serta gili-gili yang kecantikannya sanggup memikat hatimu. Meski menjadi destinasi idaman banyak orang, tapi liburan ke Lombok tidaklah semudah membalikkan telapak tangan bagi sebagian orang karena dibutuhkan biaya yang tak murah untuk dapat sampai ke sana dan menikmati pemandangan yang indah. Tapi sebenarnya, kamu bisa liburan ke Lombok dengan budget terbatas ala backpacker loh JBers. Ingin tahu tipsnya dari JadiBerita? Mari kita lihat tipsnya!

1. Buat Itinerary

Itinerary Lombok (indonesia-tourism.com)

Itinerary alias rencana perjalanan adalah hal wajib yang harus kamu lakukan saat ingin liburan ala backpacker karena kamu tidak akan menggunakan jasa agen wisata untuk meminimalisasi budget. Pertama-tama buatlah rencana perjalanan berapa lama kamu akan menghabiskan waktu di Lombok dan tempat wisata apa saja yang akan kamu datangi. Misalkan kamu akan liburan di Lombok selama tiga hari dua malam, maka buatlah jadwal wisata apa yang akan kamu lakukan selama tiga hari dua malam tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu menghitung budget yang akan kamu keluarkan nantinya.

2. Rute Kendaraan yang Digunakan

Jalur yang Digunakan untuk Backpacker Lombok (ranselwisata.com)

Bagi kamu yang berangkat dari arah Jakarta, sebaiknya gunakanlah jalur darat dan laut karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan jalur udara. Kamu bisa naik kereta api dari stasiun Pasar Senen menuju rute Gubeng-Surabaya. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan kereta api lagi menuju stasiun Banyuwangi. Dari sana, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 10-15 menit menuju pelabuhan Ketapang untuk naik kapal Ferry menuju pelabuhan Gilimanuk di Bali. Dari pelabuhan Gilimanuk, kamu naik bus ke pelabuhan Padang Bai lalu naik kapal ferry menuju Pelabuhan Lembar di Lombok. Rute darat dan laut memang harus transit beberapa kali, tapi kamu bisa menghemat setengah dari budget transportasi jika melalui jalur udara.

3. Menginap Dekat Tempat Wisata

Menginap di Hostel dekat Tempat Wisata Lombok (www.wisatao.com)

Jika sudah membuat itinerary, kamu bisa menentukan ingin menginap di mana setelah sampai di Lombok. Sebaiknya pilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata yang ingin kamu datangi karena selain bisa menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi. Tak usah memilih hotel dengan fasilitas yang mewah karena di Lombok juga ada banyak hostel dan homestay yang nyaman dengan harga yang murah meriah. Harga yang ditawarkan biasanya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 saja permalam. Selain itu, bagi kamu yang melakukan single trip, kamu bisa menambah teman di hostel atau homestay tempat kamu menginap sehingga perjalanan liburan kamu jadi lebih seru.

4. Menyewa Sepeda

Menyewa Sepeda di Lombok (www.guidelombok.com)

Jika tak ada penginapan hostel atau homestay di sekitar tempat wisata yang akan kamu datangi, kamu bisa menyewa sepeda dengan harga kisaran mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000 untuk seharian. Dengan menyewa sepeda, kamu bisa lebih leluasa untuk bepergian karena di Lombok angkutan umum tergolong sangat jarang ditemukan dan tidak beroperasi hingga malam hari. Jadi alangkah baiknya jika kamu menyewa sepeda. Jangan lupa untuk menggembok atau merantai sepeda saat sampai di tempat wisata untuk menghindari pencurian ya JBers!

5. Makan di Pasar Tradisional dan Pasar Malam

Makan di Pasar Malam Gili Trawangan (openrice.com)

Berlibur di Indonesia tak akan lengkap tanpa mencicip kuliner khas dari daerah tersebut. Di Lombok, kamu bisa mencicip lezatnya citarasa autentik ayam taliwang, plecing kangkung, nasi balap puyung, sate bulayak, beberok terong, bebalung, dan masih banyak lagi. Untuk bisa wisata kulineran dengan budget minim, sebaiknya kamu menyantap makanan tersebut di pasar tradisional karena harganya jauh lebih murah daripada di restoran atau rumah makan dekat tempat wisata. Untuk makan malam, jangan sampai melewatkan menyantap aneka kuliner lezat di pasar malam yang ada biasanya digelar di Gili Trawangan dan Kota Mataram.

Setelah membaca tips di atas, semoga rencana liburan JBers ke Lombok akan semakin lancar. Selamat berlibur ya JBers! (jow)