Siapa sangka hanya dengan facebook Kamu bisa mendapatkan uang. Adapun facebook itu sendiri hanyalah sebuah media sosial yang difungsikan untuk mencari teman baru. Di situlah Kamu bisa saling berinteraksi tidak langsung untuk menjalin pertemanan. Akan tetapi fungsi facebook sekarang ini tampaknya memang double dimana di sisi lain ialah untuk berbisnis.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang memilih jejaring sosial facebook sebagai pengembangan sebuah pasar online dibanding media sosial lainnya. Namun, taukah Kamu ternyata alasannya hanya satu yakni dari sekian banyaknya sosail media yang tersedia di internet, hanya facebook lah yang memang didesain user friendly bagi para pebisnis online. Tips berikut ini dapat Kamu terapkan dalam mencari uang di facebook dengan peruntungan cukup banyak.

Cara Mencari Uang Lewat Facebook

1. Bisnis Fanpage di Facebook

Bisnis fanpage facebook yakni membuat fanpage kemudian menjual di setiap postnya. Nah, post di sini tidak jauh berbeda dengan model tweet promotion yang ada di twitter, yang mana pemiliki fanpage akan menawarkan kepada advertiser yang bersedia produknya dipromosikan lewat post atau status fanpage facebook. Jika Kamu memiliki fanpage dengan jumlah like banyak tentunya akan mendapatkan fans aktif yang like. Maka tak jarang banyak advertiser inilah yang datang sendiri.

2. Bisnis Jasa Like di Facebook

Selain bisnis fanpage, Kamu juga bisa mencoba bisnis fanpage di facebook yang tentunya menghasilkan untung. Namun, konsep bisnis ini terbilang menguras waktu dan tenaga. Secara tidak langsung Kamu bekerja dengan cara menggantikan peran mereka dalam hal ‘promosi’. Sangat disarankan untuk mempelajarinya dahulu, karena tanpa tahu dasarnya Kamu akan merasa kesulitan saat melayani fanpage dari client yang notabenya memiliki beragam jenis niche atau topic yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

3. Bisnis Iklan di Facebook

Kamu bisa menggunakan iklan dari facebook atau facebook Ads untuk merauk jutaan rupiah. Namun, Kamu harus mengeluarkan biaya dana kartu kredit atau VCC. Adapun beragam cara yang bisa Kamu lakukan untuk mendapakan uang dari facebook ads adalah promosi produk sendiri, promosi blog, promise produk sendiri atau orang lain. Sementara itu, Kamu bisa menerapkan facebook adsa dengan jasa like, dengan adanya fecebook ads Kamu juga bisa mempromosikan ebook kepada target pasar yang akan direncanakan.

4. Bisnis Ebook di Facebook

Jika Kamu bisa menulis maka mulailah dengan bisnis Ebook, lantaran Kamu hanya perlu modal berupa ide kreatif dalam merangkai kata untuk sebuah cerita. Pasalnya dalam sebuah marketing jauh lebih penting akan cara penyampaiannya ketimbang isi produk.

Untuk mempromosikan produk eBook Kamu bisa gunakan dua cara yaitu melalui direct promotion yang mana menawarkan produk langsung kepada target market, sedangkan giveaway termasuk pemberian gratis dengan syarat like / share status dari Kamu.

5. Bisnis Dropship di Facebook

Kamu bisa menjadi seorang dropshipper yang bisa mendatangkan uang. Bukan hanya fanpage yang dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dropship, namun juga akun facebook pribadi juga kerap kali digunakan sebagai media untuk promosi. Terlebih yang ekstrim ialah dengan menitip lapak di dinding facebook orang lain. Setidaknya Kamu tidak melakukan promosi dengan cara tersebut, karena kurang efektif yang tidak akan menjadi target dan peluang konversi kecil sehingga lebih mengarah ke spam dibanding promosi.

Secara garis besar bisnis dengan mencari uang di facebook tidak semuanya akan mendapatkan hasil yang maksimal atau sesuai yang Kamu inginkan. Sekian dan terima kasih. (jow)