Negara Indonesia sebenarnya terkenal di dunia sejak lama. Hal ini terlihat dari banyaknya julukan dari dunia yang disematkan untuk negara kita ini. Berikut adalah 13 julukan dari dunia untuk Indonesia yang patut kita banggakan.

1.Nusantara

Nusantara (Sewarga)

Ini adalah nama yang dipelopori oleh Kerajaan Majapahit terhadap wilayah kekuasaannya saat itu yang melingkupi Sumatra sampai Papua dalam literatur Jawa. Selain itu, Thailand juga menyebut Indonesia dengan julukan Nusantara merunut pada sejarah kerajaan Majapahit dulu.

2. Negara Agraris

Agraris (Keepo)

Lahan pertanian Indonesia itu sangat luas. Selain itu mata pencaharian masyarakat Indonesia memang kebanyakan adalah petani. Kalau tak ada para petani dan segala kerja kerasnya, kita sudah pasti bakal tak bisa makan nasi.

3. Negara Maritim

Laut Indonesia (Keepo)

Lagu “Nenek moyangku seorang pelaut” tentu bukan cuma sekedar nyanyian, sebab julukan Indonesia sebagai negara maritim sudah mengacu pada wilayah perairan Indonesia yang memang luas, bahkan lebih luas dari daratannya.

4. Negara Nyiur

Tanjung Gelam (Keepo)

Indonesia adalah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.

5. Negara Seribu Candi

Candi Borobudur (Keepo)

Berawal dari dipilihnya candi Borobudur yang pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, akhirnya Indonesia pun mendapat julukan sebagai negara seribu candi. Selain itu, di Indonesia banyak terdapat candi-candi bekas peninggalan zaman kerajaan dulu yang tersebar di beberapa pelosok Indonesia.

6. Negara Seribu Pulau

Raja Ampat (Keepo)

Indonesia terdiri dari ribuan pulau, yang sekaligus menegaskan kalau Indonesia itu adalah negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

7. Negara Megabiodiversitas

Jalak Bali (Keepo)

Para peneliti dunia mengaku kagum akan keanekaragaman Flora dan Fauna yang ada di Indonesia, termasuk spesies purba dan spesies langkanya dengan tiga wilayah persebaran sekaligus, yaitu barat, peralihan dan timur.

8. Heaven on earth (Surga Bumi)

Pemandangan Gunung Batur (Keepo)

Banyak negara dunia yang takjub dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan hamparan alam yang memanjakan mata. Tak heran banyak turis asing yang mulai banyak berkunjung ke Indonesia untuk hunting pemandangan indah. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa melihat pemandangan indah.

9. Paru-paru Dunia

Hutan (Keepo)

Hutan di pulau Kalimantan dianggap sebagai hutan tropis yang harus dilindungi dan menjadi hutan terbesar kedua di dunia setelah Amazonia di Brasil yang berfungsi sebagai organ pernafasan bumi. Jika kita tinggal di daerah yang hijau dan penuh oksigen, pasti kita juga akan hidup lebih nyaman dan segar. Makanya, kita juga harus jaga hutan-hutan kita supaya kita bisa tetap mendapat predikat ini.

10. Populasi Muslim Terbesar di Dunia

Masjid Istiqlal (Keepo)

Umat Islam di dunia takjub kepada Indonesia karena jumlah populasi Muslim di negara kita ini termasuk yang terbesar di dunia.

11. Negara tetangga terbesar dan terdekat

Peta Indonesia dan Australia (Whitereference)

Ini adalah julukan yang pernah diberikan pemerintah Australia yang melihat Indonesia sebagai negara Asia tetangga terbesar dan terdekat secara letak geografis dengan Australia.

12. Balinesia

Balinesia (Keepo)

Para turis yang mengagumi penampakan alam saat berkunjung ke Bali yang memberi julukan ini. Malah sebenarnya para turis itu masih banyak yang tak tahu kalau Bali adalah bagian dari Indonesia.

13. Macan Asia yang Tertidur

Prajurit Kostrad TNI AD berbaris (Keepo)

Ini julukan yang diberikan oleh negara-negara Asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya, terutama pada era Presiden Sukarno. Kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tak sebanding dengan Indonesia. Negara kita menyimpan banyak kekuatan tersembunyi dan masih tertidur, karena belum sepenuhnya potensi Indonesia bisa terlihat. (tom)