Satu lagi hal yang membuat kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Mobil mewah Mercedes Benz pabrikan Jerman ternyata menggunakan knalpot buatan Indonesia yang dibuat oleh para pengrajin di kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sejak tahun 2004 perusahaan Jerman tersebut telah memesan sebanyak 1000 unit knalpot karena knalpot buatan pengrajin Purbalingga dianggap sesuai dengan komposisi Mercedes Benz dengan kualitas yang brilian.

Meskipun pembuatan knalpot itu dilakukan secara manual alias handmade, namun hasil yang dibuat oleh pengrajin di Purbalingga mampu menunjukkan kualitas yang tidak kalah bagus dengan buatan mesin.

Selain knalpot untuk Mercedes Benz. ternyata Indonesia juga memiliki beberapa prestasi lainnya di kancah internasional yang patut kita banggakan. Berikut ini beberapa prestasinya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. PT.PAL sukses membuat salah satu kapal terbaik didunia bernama รข??Star 50? yang berbobot 50 ribu ton. Salah satu negara yang memesan kapal tersebut adalah Singapura.

2. Di Singapura gamelan menjadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.

3. Pabrik/manufaktur Mattel (boneka Barbie USA) hanya ada 2 di dunia, yaitu di Tiongkok dan di Jababeka, Cikarang, Bekasi.

4. Brand internasional yang sangat prestisius, Gucci, menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.

Logo Gucci (Seek)

5. Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova, yang jelas sepenuhnya diproduksi di Indonesia.

6. Bunga nasional Korea Utara yang sangat popular Kimilsungia ternyata berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI pertama Ir. Sukarno.

7. Airbridge, tangga belalai menuju pintu pesawat yang banyak dipakai di bandara-bandara dunia, ternyata pertama kali dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.

Airbridge (Flickr)

8. Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan Nelson Mandela, setelah berhasil menghapus Apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu terinspirasi dari perjuangan Syekh Yusuf asal Makassar.

9. Tahun 2002, dalam Special Edition TIME magazine on Asian Heroes, penyanyi Iwan Fals jadi cover fullpage.

Iwan Fals di majalah TIME (Bintang)

10. Presiden RI ke-3, BJ Habibie merupakan pemegang 46 paten di bidang aeronautika dunia.

11. Musisi senior dunia David Foster mengaku, lagu ciptaannya berjudul “To Love You More” yang dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik keroncong Indonesia.

12. Menara Kuala Lumpur dirancang oleh putra Indonesia, Ir.Achmad Murdijat, seorang alumni ITB.

13. Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan di mal-mal kelas atas yang tersebar di 32 negara dari seluruh penjuru dunia. Tas ini dipakai Paris Hilton, Zara Phillips, Emma Thomson dan Audrey Tatou.

14. Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia.

Banggakah kamu menjadi penduduk Indonesia? (tom)