Banyak yang bilang produk Indonesia masih kalah dari produk luar negeri. Nyatanya, produk Indonesia tak kalah bersaing dengan produk luar negeri, bahkan ada juga produk Indonesia yang juga dijual di luar negeri. Apa saja? Berikut kelima produk Indonesia yang berhasil mendunia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. J.CO Donuts and Coffee

J.CO (Infindonesia)

Pasti kalian sudah tak asing dengan brand yang satu ini, tapi tahukah kalian kalau sebenarnya J.CO adalah produk lokal asli Indonesia. Logo J.CO sendiri adalah burung merak yang merupakan hewan endemik dari Indonesia. Soal kualitas J.CO sudah tidak diragukan lagi. Donat buatan J.CO sudah dinikmati oleh orang-orang dari berbagai negara di Asia.

2. Indomie

Kemasan Indomie Mesir (Linkedin)

Indomie sudah dipasarkan di hampir seluruh penjuru dunia, mulai dari Amerika, Australia, serta di berbagai negara di Asia, Eropa, hingga Afrika. Bahkan tidak sedikit penduduk negara-negara Afrika yang mengira Indomie adalah produk buatan negara mereka sendiri.

3. Polygon

Polygon (Infindonesia)

Sebuah produsen sepeda bernama Insera Sena (di Sidoarjo) awalnya memproduksi sepeda tanpa merek sejak 1989. Sepeda tanpa merk produksi Insera Sena sudah diekspor ke 5 benua di dunia. Lalu mereka memproduksi merk sendiri yaitu Polygon. Sejak saat itu Polygon berkembang pesat dan sudah dipakai di puluhan bahkan ratusan negara berbeda di dunia. Bahkan sepeda ini juga dipakai oleh beberapa tim dan atlet sepeda kelas dunia, sebut saja Marek Pesko (juara pertama Four Cross), Hutchindon UR Team, Polygon UR Team, Orange Monkey Team, dan masih banyak lagi.

4. Edward Forrer

Edward Forrer (Infindonesia)

Meski memiliki nama yang kebarat-baratan namun sebenarnya produk sepatu dan tas ini adalah buatan orang Indonesia.  Edward Forrer sendiri adalah nama dari pendiri perusahaan ini yang juga kerap disapa sebagai Edo. Beliau mulai memproduksi sepatu pada tahun 1989 di Bandung. Sekarang Edward Forrer memiliki puluhan gerai yang tersebar di Indonesia, Australia, Malaysia, hingga Hawaii.

5. Radio Magno

Radio Magno (Infindonesia)

Radio buatan Indonesia ini memiliki konsep yang cukup unik, yaitu terbuat dari kayu yang diolesi oleh minyak kayu. Karena keunikannya, Radio Magno diminati oleh negara-negara lain seperti Jepang, Perancis, Finlandia, hingga Inggris. (tom)