Kamu suka selfie an ingin berwisata yang sesuai dengan kesukaan kamu itu? Datang saja ke Semarang, tepatnya di Old City 3D Trick Art Museum. Berlokasi di Jalan Letjend Suprapto, museum kekinian ini berada di Kawasan Kota Lama Semarang. Tepatnya, hanya berjarak 50 meter dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting.

Bagi kamu penggemar selfie, akan dipuaskan oleh 108 latar foto tiga dimensi di empat ruangan. Ratusan foto tersebut bertemakan banguan khas Semarang, budaya Semarang, tokoh nasional hingga dunia, dan beberapa karakter dalam film layar lebar dunia.

Wisata 3D Trick Art Museum merupakan pilihan destinasi wisata baru di Kota Lama, mulai pertengahan 2016 lalu. Menurut Marketing Communication Old City 3D Art Museum, Renaldi mengatakan wisata tersebut dihadirkan di Semarang untuk memfasilitasi para pecinta foto, juga dalam rangka turut menghidupkan wisata Kota Lama Semarang.

Museum 3D Art Trick (Kompas)

â??Setiap latar foto di sini bisa menghasilkan gambar tiga dimensi, tapi harus diambil dari angle yang tepat,â? ujar Rinaldi seperti dikutip dari Kompascom, Rabu (5/7/2017).

Ia mengatakan, meski sudah terdapat contoh angle foto di setiap latarnya, wisatawan dapat mengeksplor angle-angle lain yang hasilnya tak kalah unik. Pihak museum pun menyediakan tangga untuk wisatawan mengambil angle dari ketinggian, tak lupa di setiap ruangan ada dua hingga tiga petugas yang akan membantu wisatawan.

Ruangan yang pertama menyambut wisatawan ialah ruang photobooth, terdapat lebih dari delapan spot foto yang penuh dengan properti 3 dimensi yang dapat dipakai. Salah satu yang favorit disini ialah spot photobooth berlatar kota London, lengkap dengan ruang telepon umum.

Ruangan berikutnya ada Hall, yang merupakan ruangan terbesar di bangunan ini. Melihat luasnya yang sekitar 100 meter persegi setiap bagian sisinya penuh dihiasi latar foto. Wisatawan dapat mengambil berbagai angle yang berbeda dan menghasilkan tema foto yang berbeda pula. Sisi kanan, kiri, depan, belakang, bawah, hingga sudut-sudut dapat dimanfaatkan.

Salah satu spot foto di Museum 3D Trick Art (Kompas)

Setelah itu lanjut ke ruangan display, di sini terlihat ruangan panjang dengan sekat yang menampilkan berbagai latar foto tematik. Di sini juga wisatawan dapat berfoto dengan berlatarkan bangunan-bangunan bersejarah Semarang, Indonesia, dan luar negeri, lalu berbagai artis dunia, hingga Walikota Semarang saat ini Hendrar Prihadi.

Untuk menyiasati agar wisatawan tidak bosan, Rinaldi mengatakan pihaknya mengganti tema-tema fotonya setiap tiga bulan sekali. â??Kita lakukan riset kecil, yang mana yang kurang peminat akan diganti sama yang lagi hits di masyarakat,â? ujar Rinaldi.

Wisatawan dapat berkunjung mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, dengan membeli tiket masuk Rp 40 ribu. Namun, untuk libur Lebaran harga tiket naik. (tom)