Fakta-fakta Menarik Pulau di Indonesia, Ternyata Jumlahnya Lebih dari 20 Ribu!

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tentu Indonesia dikaruniai kekayaan alam yang melimpah. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang sudah didaftarkan ke PBB, dan ada sekitar 6.000 lainya tidak berpenghuni menyebar di sekitar khatulistiwa. Selain beragam, kepulauan di Indonesia juga menyimpan sejumlah fakta menarik. Berikut 5 fakta menarik pulau di Indonesia, seperti dilansir dari Goodnewsfromindonesia, Kamis (6/7/2017).

1. Seluruh provinsi di Indonesia memiliki pulau

Kepulauan Indonesia (Dream)

Ada 34 provinsi di Indonesia, seluruhnya memiliki pulau. Sebagai contoh Aceh, yang memiliki 600 pulau, Bengkulu memiliki sekitar 40 pulau, dan Maluku memiliki lebih dari 1400 pulau.

2. Kepulauan seribu tidak berjumlah seribu pulau

Pulau Seribu (Dream)

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, tepatnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Tahukah kamu, ternyata jumlah pulaunya tidak sampai seribu, karena jumlahnya â??hanyaâ? ada 218 pulau.

3. Provinsi dengan pulau terbanyak

Telunas Private Island (Dream)

Provinsi yang memiliki pulau terbanyak adalah Kepulauan Riau. Provinsi ini memiliki 2.408 pulau, disusul Provinsi Papua Barat dengan 1.917 pulau, Maluku Utara dengan 1.525 pulau, Maluku dengan 1.399, disusul Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan 1.192 pulau

4. Provinsi dengan pulau paling sedikit

Pulau Berhala (Dream)

Sebaliknya, Jambi merupakan provinsi yang memiliki pulau paling sedikit. Provinsi ini hanya punya 19 pulau, disusul Provinsi DI Yogyakarta dengan 23 pulau, Kalimantan Tengah dengan 32 pulau, Bengkulu dengan 47 pulau, dan Sumatera Selatan dengan 53 pulau.

5. Indonesia memiliki gugus pulau kecil terluar

Kepulauan Anambas (Dream)

Provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil terluar paling banyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Di provinsi ini ada 20 pulau kecil terluar. Tetapi dari jumlah itu, ternyata hanya Pulau Subi Kecil di Kabupaten Natuna yang memiliki penghuni, 19 pulau lainnya adalah pulau kosong. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Sempat Diabaikan, Sederet Karya Anak Bangsa Ini Malah Mendunia

Keren! Ini 5 Taman Paling Eksotis yang Ada di Indonesia