Ide kreatif masyarakat Indonesia memang terkadang luar biasa. Nah, kali ini kreatifitas datang dari seorang ibu dari Bekasi. Dia membuka usaha setrika keliling. Meski tak secanggih Gojek, tapi idenya ini patut diacungi jempol. Ibu bernama Adelia Herawati menawarkan jasa Gosok Keliling atau setrika yang disebut ‘Gokil’ di atas motor Mionya.

Usahanya ini pertama kali beredar melalui sebuah foto di media sosial. Dalam foto tersebut memperlihatkan seorang ibu sedang menyetrika pakaian di sebuah garasi. Ternyata perempuan itu menawarkan jasa menyeterika pakaian keliling menggunakan kendaraan roda dua di kawasan Bekasi.

Tak ayal, asa gosok keliling tersebut kontan menjadi perbincangan viral di kalangan warganet. Banyak dari mereka bahkan menginginkan jasa unik itu ada di daerah tempat mereka tinggal. Pasalnya, Adel ini termasuk tokoh revolusioner di bidang gosok-menggosok. Pekerjaan yang sedianya dilakukan di rumah malah dilakukannya di jalan.

Usaha ibu dua orang anak asal Pekayon, Bekasi ini memang mirip bisnis laundry di pinggir jalan. Perbedaannya, Adel tak menawarkan jasa cuci baju hanya menggosok saja. “Lebih praktis kalau buka laundry kan modalnya besar, saya belum punya juga. Enakan juga ini usaha sendiri naik motor, kalau lagi mau ya diambil kalau nggak ya nggak diambil. Nggak di bawah tekanan juga,” kata Adel seperti dilansir dari Detik.

Seperti tampak dari gambar yang beredar, sepeda motor Adel yang digunakan adalah motor jenis matik Yamaha Mio. Mio berwarna putih disulapnya dengan menambah gerobak di atas motor yang diletakkan di bagian belakang. Dia juga memodifikasi motornya agar bisa membawa boks berisi kompor, panci, tabung gas, dan setrika di belakang motor. Untuk menghasilkan motor sesuai kehendaknya, ibu tangguh yang pernah kerja di bengkel ini mengerjakannya selama 3 hari dengan bantuan tetangga-tetangganya dengan biaya sekitar Rp 1,5 juta. Kreatif bukan?

Detik.com

Dalam sehari, Adel sanggup menangani sebanyak 40-60 kg soalnya. Menurutnya ini cukup berat, butuh tenaga karena tangannya pun bisa pegal-pegal. Tak berbeda jauh dengan jasa laundry dipinggir jalan, jika ingin menggunakan jasa Gokilnya, pelanggan dikenakan Rp 4.000/kg. Nah, jika pelanggan berminat menggunakan jasa Gokil Adel bisa langsung menghubunginya lewat Whatsapp. Namun tak semua daerah bisa didatangi Adel, hanya daerah-daerah dekat rumahnya di Pekayon saja yang ia sambangi. Gimana, usaha GoKil ala emak Bekasi ini gokil banget bukan?