Indahnya Green Canyon di Arizona, Amerika Serikat, memang impian semua orang untuk menghabiskan waktu liburan. Namun bagi kamu warga Indonesia, tak perlu jauh-jauh menempuh ribuan mil untuk menikmati pemandangan serupa Green Canyon. Cukup saja datang ke Ciamis, Jawa Barat. Sebab di daerah tersebut, kamu bakal menemukan pemandangan yang tak kalah hebat serupa Green Canyon.

Green Canyon Ciamis disebut Cukang Taneuh. Lokasi persisnya ada di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, ± 31 km atau dengan jarak tempuh 45 menit berkendara dari pantai Pangandaran. Destinasi cantik ini bisa dikategorikan sebagai lanskap tropis yang unik, diantara kedua dinding ngarai yang berwarna hijau karena ditumbuhi lumut ini anda bisa langsung melihat fenomena alam yang menarik, adanya stalagtit dan stalagmit yang dapat disaksikan secara langsung diruang terbuka, bukannya di kedalaman lorong-lorong gua bawah tanah. Kebayang kan gimana indahnya?

Nama “Cukang Taneuh” sendiri merupakan bahasa Sunda yang berarti Jembatan Tanah, karena di lokasi tersebut terdapat jembatan yang terbangun secara alami dari tanah selebar 3 meter dan dipergunakan masyarakat sebagai jembatan, sarana penghubung diantara tebing batu diantara dua desa yang berdekatan. Melansir dari gogreencanyon.com, nama Green Canyon sendiri diyakini dipopulerkan oleh beberapa turis dari Perancis yang melancong sekitar pada tahun 1993 dan cukup melejitkan potensi alam daerah ini secara nasional dan internasional.

Setibanya di sana, kamu bisa melakukan aktivitas menarik dan populer untuk menikmati pesona hijau Cukang Taneuh yakni Body Rafting. Aktivitas alam dengan menyusuri jeram dan riam di sungai ini hanya menggunakan badan kita sebagai perahu sekaligus dayungnya. Perlengkapan utamanya hanyalah pelindung kepala (helm), kaki (decker) dan pelampung (life jacket) untuk perlindungan terhadap benturan. Menarik, bukan?

Agendakan liburanmu ke Green Canyon from Java alias Cukang Taneuh, yuk! Buat bikin kamu makin jatuh cinta, yuk lihat gambar-gambarnya, seperti dilansir dari Wowshack berikut ini. Yakin gak mau cepet-cepet kemas pakaian buat liburan?