5 Kota Tertua Indonesia Ini Bisa Nambah Pengetahuan Sejarah Kamu

Indonesia tercatat memiliki puluhan kota yang tersebar mulai Sabang hingga Merauke. Setiap kota yang ada di Indonesia menyimpan cerita sejarah yang berbeda-beda. Hal ini bisa kamu lihat dari adat istiadat budaya, kuliner yang masih terus dilestarikan, dan juga bangunan-bangunan lama yang masih tetap kokoh berdiri seolah menjadi saksi bisu sejarah perjalanan kota tersebut. Bagi kamu yang ingin menjelajah waktu, pergi mengunjungi kota-kota tertua di Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa melestarikan sejarah, kita juga bisa hunting foto bangunan-bangunan bersejarah di kota tersebut. JadiBerita sudah merangkum lima kota tertua di Indonesia yang berusia ratusan tahun lamanya, yuk lihat!

1. Palembang

Kota Tua Palembang (blog.davestpay.com)

Kota Palembang menjadi kota tertua yang ada di Indonesia. Kota ini yang berada di Sumatera Selatan ini sudah ada sejak tahun 682 Masehi sehingga usianya saat ini sekitar 1.335 tahun lamanya. Salah satu tanda kalau kota ini menjadi kota tertua di Indonesia adalah adanya sebuah prasasti Kedukan Bukit yang menuliskan tanggal berdirinya kota Palembang. Palembang memiliki luas 358,55 kilometer persegi dengan 1,7 juta penduduk Indonesia yang tinggal di dalamnya. Kota ini mendapat banyak julukan seperti Bumi Sriwijaya karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang pada masa itu memiliki kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, Palembang juga dijuluki Venice of the East yang berarti Venesia dari Timur karena ada banyak sungai dalam kota.

2. Salatiga

Kota Tua Salatiga (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Kota tertua kedua adalah Salatiga yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota kecil ini sudah ada sejak 1.267 tahun yang lalu yakni sekitar 759 Masehi. Hal ini bisa dibuktikan lewat tulisan yang tertera pada baru andesit yang dikenal dengan nama Prasasti Plumpungan. Meskipun tergolong kota kecil dan namanya tidak setenar kota-kota lainnya di Jawa Tengah, tapi Salatiga ini menyimpan banyak sejarah peperangan yang terjadi di Indonesia. Kamu bisa melihat banyaknya bangunan-bangunan tua yang hingga kini masih bisa difungsikan untuk kantor pemerintahan, perkantoran, hingga tempat wisata.

3. Jakarta

Kota Tua Jakarta (instagram.com)

Jakarta tak hanya terkenal sebagai kota terbesar dan terpadat di Indonesia, tapi juga kota yang usianya sudah sangat tua. Kota Jakarta tercatat sudah mencapai usia 490 tahun. Jakarta sendiri resmi berdiri pada tahun 1527. Sebelum bernama Jakarta, kota ini memiliki nama Sunda Kelapa, Batavia, dan Jakarta Tokubetsu Shin. Di usianya yang tergolong sudah sangat tua ini, masih ada bangunan-bangunan tua yang kokoh berdiri dan bisa difungsikan seperti Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, serta bangunan-bangunan tua lainnya yang terletak di are Kota Tua.

4. Medan

Kota Tua Medan (instagram.com)

Medan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara. Menurut sejarah, kota Medan didirikan oleh Guru Patimus Sembiring Pelawu pada tahun 1590 sehingga usianya kini 425 tahun lamanya. Jika kamu ingin melihat jejak-jejak sejarah kota Medan, kamu bisa mendatangi salah satu bangunan tertua yang ada di kota ini, yakni gedung London Sumatera yang dibangun sejak tahun 1906. Gedung ini menjadi gedung pertama berlantai lima yang memiliki lift di Sumatera pada saat itu. Hingga kini gedung London Sumatera masih bisa difungsikan.

5. Semarang

Kota Lama Semarang (instagram.com)

Menjelajah waktu di kota Semarang bisa kamu lakukan dengan berkeliling kawasan Kota Tua naik sepeda. Kamu seolah bisa kembali ke masa lampau dengan melihat bangunan-bangunan yang usianya puluhan hingga ratusan tahun berdiri. Kota Semarang didirikan pada tahun 1547 Masehi sehingga usianya sudah 470 tahun. Kota ini dikenal sebagai tempat berlabuh Laksamana Cheng Ho, yakni kasim muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok. Peristiwa tersebut sangat dikenang sehingga didirikanlah Patung Cheng Ho yang ada di kawasan Sam Po Kong.

Setelah tahu kota-kota tertua yang ada di Indonesia, kira-kira kamu tertarik untuk berkunjung ke kota yang mana dulu nih JBers? (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

3 Wisata Hutan Mangrove Ini Wajib Kamu Kunjungi Karena Liburan Nggak Harus ke Pantai Melulu

Bangga, Deretan Musisi Dunia Ini Ternyata Berdarah Indonesia