Danau Kaolin di Belitung (brilio.net)

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang paling banyak dikunjungi para wisatawan asing, sebut saja Bali dan Lombok yang lebih banyak memiliki wisatawan mancanegara dibanding lokal. Kebanyakan masyarakat Indonesia justru lebih memilih untuk berwisata ke luar negeri dibanding berwisata ke negeri sendiri. Masyarakat Indonesia masih memiliki pemikiran kalau berwisata ke luar negeri terlihat jauh lebih keren dibanding berwisata dalam negeri. Nah, buat kamu yang masih memilih wisata ke luar negeri, bagaimana jika kamu melihat lima alasan kenapa wisata Indonesia jauh lebih menarik dibanding wisata luar negeri.

1. Indonesia Memiliki Pemandangan Alam yang Mempesona

via Budi Nur Mukmin

Sudah bukan rahasia lagi kalau wisata alam Indonesia menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Ada banyak wisata alam di Indonesia yang memiliki pemandangan indah dan sangat mempesona, mulai dari pantai, laut, gunung, bukit, danau, air terjun, hutan, hingga goa. Saking banyaknya tempat wisata alam di Indonesia, pihak pengelola setempat pun mematok tarif masuk yang sangat murah untuk dapat menikmati pemandangan alam tersebut. Rata-rata tiket yang dikenakan berkisar antara Rp 5.000-Rp 25.000 saja.

2. Banyak Tempat di Indonesia yang Mirip dengan Luar Negeri

via Kenvin Pinardy

Tak perlu jauh-jauh pergi berwisata ke luar negeri karena Indonesia juga memiliki banyak tempat yang mirip dengan wisata luar negeri. Contohnya saja seperti Danau Kaolin di Belitung yang sangat mirip dengan pemandian air panas yang ada di Pamukkale, Turkey. Lalu ada Pulau Cinta di Gorontalo yang sangat mirip dengan Maldeves di Maladewa, Raja Ampat di Papua yang mirip dengan Phi Phi Island di Thailand, Pink Beach di Kepulauan Komodo yang mirip dengan Pantai Harbour di Bahamas, dan masih banyak lagi.

3. Kekayaan Budaya dan Adat Istiadat yang Unik

via Wisnu Taranninggrat

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tercatat memiliki puluhan suku dengan adat istiadat yang berbeda-beda. Meskipun modernisasi sudah masuk ke Indonesia, tapi budaya dan adat istiadat beberapa daerah di Indonesia masih sangat kental. Kamu bisa mendatangi daerah-daerah yang masih melestarikan kebudayaan dari nenek moyangnya seperti beberapa desa adat Penglipuran yang ada di Bali, desa adat Sade di Lombok, Desa Adat Wai Rebo di Nusa Tenggara Timur, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bisa melihat beberapa perayaan tradisi adat di Indonesia seperti pentas seni Sendra Tari Ramayana yang digelar di musim kemarau di pelataran Candi Prambanan, Festival Bentara di Yogyakarta, hingga upacara pemakaman Ngaben di Bali.

4. Banyak Surga Tersembunyi yang Belum Terjamah

via Budi Narendra

Indonesia adalah negara yang sangat luas sehingga kamu tak akan puas menjelajah berbagai lokasi yang ada di Indonesia. Ada banyak tempat di Indonesia yang dijuluki sebagai hidden gem atau surga tersembunyi karena tempatnya masih terpencil dan tidak ada banyak orang yang tahu. Beberapa tempat di Indonesia yang disebut sebagai surga tersembunyi ini kebanyakan adalah wisata alam seperti air terjun yang terletak jauh di dalam hutan, gunung yang berada dalam pedalaman, hingga pantai yang jauh dari keramaian kota. Surga-surga tersembunyi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk merefreshkan pikiran dari penatnya suasana kota.

5. Ragam Kuliner Indonesia Tak Akan Habis Kamu Coba

via Bady qb

Siapa yang bisa menolak kuliner khas Indonesia. Meski ada banyak kuliner asing yang merambah Indonesia, tapi kuliner Indonesia tetap selalu menjadi favorit. Berhubung ada banyak sekali daerah dan suku yang ada di Indonesia, sudah pasti kuliner yang dimiliki masing-masing daerah tersebut berbeda-beda. Ada  beberapa kuliner yang hanya bisa kamu jumpai di daerah asalnya sehingga mau tak mau kamu harus mendatangi daerah tersebut untuk mencicip kuliner khasnya dengan citarasa yang autentik.

Dengan pergi berwisata ke negeri sendiri, selain kamu bisa menghemat pengeluaran, kamu juga bisa belajar banyak tentang kekayaan alam dan budaya yang dimiliki bangsa ini. Selamat pergi berwisata JBers!