Cerita rakyat biasanya diangkat menjadi film atau serial sinetron yang tayang di televisi lokal. Namun apa jadinya jika kisah kolosal tersebut menjadi inti cerita iklan es krim?

Munculnya sebuah video iklan es krim salah satu produk lokal sukses membuat geger netizen. Ya, iklan es krim itu selain bisa dikatakan anti mainstream. Iklan unik itu juga bisa membuat netizen yang melihatnya geleng-geleng kepala tak percaya sekaligus tertawa dibuatnya.

Iklan es krim (YouTube)

Tema dari iklan es krim itu sendiri berupa tayangan film berlatar legenda nusantara, persis seperti film-film kolosal khas Indonesia.

Iklan es krim itu pun diawali dengan adegan pertarungan di sebuah hutan. Terlihat dua orang yang masih saudara bertarung gara-gara rebutan makanan.

Pertarungan pun berlangsung sengit hingga akhirnya datang seorang ratu yang mencoba melerai keduanya. Namun saking sengitnya pertarungan di antara keduanya, sang ratu pun tak mampu membendungnya.

Merasa kewalahan, sang ratu meminta bantuan suaminya. Uniknya, dia mengeluarkan ponsel pintar untuk meminta bantuan kepada suaminya yang tengah terbang bersama seekor elang raksasa.

Yang membuat netizen ngakak sekaligus gagal paham, pada adegan itu pemainnya telah menggunakan teknologi canggih seperti smartphone dan Google Maps. Hal yang semestinya tak pernah ada di sinema kolosal yang menceritakan kisah zaman dahulu.

Google Maps di zaman kolosal ( YouTube)

Video iklan es krim lokal ini tak ayal menjadi viral di internet. Tak hanya menyita perhatian netizen Tanah Air, video berdurasi 3 menit itu ramai pula di kancah internasional.

Akun Instagram portal komedi 9GAG, yang populer di Indonesia dan mancanegara, turut mem-posting video. Video itu di akun Instagram 9GAG telah diganjar lebih dari 4 juta view dengan lebih dari 400 ribu like dari seluruh belahan dunia.

Lalu siapa sosok di balik iklan unik yang menghebohkan media sosial itu? Usut punya usut, ternyata sutradara film, Dimas Djayadiningrat yang membuat iklan tersebut. Hal itu diketahui dari akun Instagramnya, @dimas.djay. Setelah iklannya viral, Dimas Djay, sapaan akrabnya, mengunggah foto di balik layar pembuatan iklan tersebut.

Dimas Djay pada akun Instagramnya juga mengunggah 3 potongan iklan es krim versi kolosal tersebut dengan caption yang cukup menggelitik.

Pesan moral: Kalo mau bikin yg koplak, koplak sekalian,” tulisnya.

Pesan moral: Kesing henpon juga ga boleh tanggung,” tulisnya lagi.

Pria 43 tahun itu memang dikenal sebagai sutradara video klip dan film Indonesia. Sutradara film Tusuk Jelangkung itu juga merupakan sosok di balik iklan-iklan kocak yang selama ini ada di layar televisi Indonesia.

Berikut ini videonya.

(tom)