Dunia jasa penerbangan Indonesia kembali mendapatkan kabar gembira. Bandar udara (Bandara) Soekarno-Hatta Tangerang dinobatkan sebagai Bandara Paling Berbenah di Dunia (Worldâ??s Most Improved Airport) pada tahun 2017. Penghargaan tersebut diberikan oleh Skytrax, organisasi pemeringkat kualitas layanan transportasi udara yang ternama di dunia. Tak tanggung-tanggung, Bandara Soekarno-Hatta mendapat peringkat pertama dari 10 bandara paling berbenah lain di dunia.

Bandara Soekarno-Hatta (Goodnewsfromindonesia)

Dilansir dari The Jakarta Post, Senin (10/7/2017), penghargaan tersebut diterima oleh Muhammad Awaluddin selaku Presiden Direktur PT Angkasa Pura II dari CEO Skytrax Edward Plaisted. Prosesi pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada ajang World Airport Awards di Passenger Terminal EXPO, Amsterdam pada 14 Maret 2017 waktu setempat (15 Maret 2017 waktu Indonesia).

Awaluddin mengaku bangga karena Bandara Soekarno-Hatta mendapat penghargaan sebagai Bandara Paling Berbenah di Dunia Tahun 2017 oleh Skytrax yang notabene merupakan organisasi ternama di bidang industri aviasi dunia. Selain itu, ia menambahkan bahwa penghargaan tersebut merupakan sebuah langkah baik untuk mewujudkan Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, bandara Indonesia lainnya yang mendapatkan penghargaan internasional adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali. Bandara I Gusti Ngurah Rai berhasil meraih gelar “The 3rd World Best Airport 2016” untuk kategori bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun.

Bandara I Gusti Ngurah Rai (Goodnewsfromindonesia)

Penilaian tersebut didasarkan hasil survei Airport Service Quality (ASQ). ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Penghargaan lainnya yang diterima Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah bandara bintang tiga terbaik di kawasan Asia Tenggara dari Skytrax. Penghargaan ini juga diterima oleh Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara berikutnya yang menerima penghargaan dari Skytrax adalah Bandara Kualanamu di Sumatera Utara. Kerennya, berkat penghargaan ini, otomatis Bandara Kualanamu kini sejajar dengan bandara elit Eropa seperti Abu Dhabi International Airport di UEA, Charles De Gaulle di Paris, Prancis, Schipol Airport di Amsterdam, Belanda, dan Heathrow Airport di London, Inggris.

Bandara Kualanamu (Goodnewsfromindonesia)

Berikut adalah daftar sepuluh bandara paling berkembang di dunia versi Skytrax:

1. Soekarno-Hatta, Indonesia
2. Hamad Doha, Qatar
3. Houston IAH, Amerika Serikat
4. Delhi, India
5. Haikou Meilan, China
6. Guangzhou, China
7. Phoenix, Amerika Serikat
8. Tokyo Narita, Jepang
9. Paris CDG, Perancis
10. Los Angeles, Amerika Serikat

Daftar penghargaan bandara terbaik di kawasan Asia Tenggara versi Skytrax tahun 2017 adalah:

1. Bandara bintang lima
Bandara Changi, Singapura (sekaligus bandara terbaik di dunia versi Skytrax tahun 2017).

2. Bandara bintang empat
Bandara Kuala Lumpur, Malaysia
Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara

3. Bandara bintang tiga
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali
Bandara Soekarno Hatta, Tangerang
Bandara Suvarnabhumi, Thailand

(tom)