Orang Indonesia itu memang kreatifnya tingkat tinggi. Bukan cuma bisa bikin lagu yang catchy walaupun dengan lirik sederhana dan mudah diingat, tapi juga bisa merombak lagu-lagu hits internasional jadi versi bahasa daerah yang ada di Indonesia. Contohnya adalah lagu-lagu yang dijadikan versi Jawa oleh beberapa YouTuber Indonesia, berikut ini.

1. Gafarock – Kroso Sepi

Kalau diartikan dalam Bahasa Jawa, “Kroso Sepi” ini artinya “Terasa Sepi”. Lagu ini adalah versi Bahasa Jawa dari lagu hits internasional fenomenal dunia, termasuk di Indonesia, yaitu “All of Me”-nya John Legend. Bukan cuma liriknya diversikan Bahasa Jawa, musiknya juga diberikan nuansa gamelan Jawa.

2. Gamelane Awan – Ngaku Mukmin

Dari judulnya saja sudah terdengar serupa ucapannya dengan judul lagu versi aslinya. Ya, lagu ini adalah versi Bahasa Jawa dari lagunya Justin Bieber yang “What Do You Mean”.

3. SNSG – Pinter Ngaji

Dari nama grup peng-cover lagunya, kita pasti sudah bisa menebak dari siapa inspirasi artisnya. Ya, SNSG terinspirasi dari grup Girlband SNSD atau Girls Generation asal Korea Selatan. SNSG membuat versi Bahasa Jawa dari lagu SNSD yang berjudul “Mr. Taxi”, yang mereka beri judul “Pinter Ngaji” alias “Pintar Mengaji”.

4. Pentul Kustik – Minggat

Ini adalah lagu versi Bahasa Jawa dari salah satu lagu hits band metal Avenged Sevenfold yang berjudul “Dear God”. Lagu berjudul “Minggat” ini kalau diartikan ke Bahasa Indonesia jadinya “Kabur”.

5. Le G-Min feat. Suyanto – Karo Wong Liyo

Judul “Karo Wong Liyo” ini berarti “Bersama Orang Lain” dalam Bahasa Jawa. Lagu ini adalah versi Bahasa Jawa dari lagu “Dessert” dari Dawin bersama Silento.

6. Ndruw – Bentukmu

Lagu ini merupakan versi Jawa dari lagu “Shape of You”-nya Ed Sheeran. Menariknya, makna lirik versi Bahasa Jawanya bisa dibuat pas, tak jauh beda dengan lirik versi aslinya. Pengerjaan musik dan videonya juga terbilang niat.

7. Gamelane Awan – Nelongso

“See You Again” yang merupakan lagunya Whiz Khalifa bersama Charlie Puth ternyata juga bisa pas dibuat versi Bahasa Jawanya. Plus bagian rap-nya juga lho, dibuat jadi Bahasa Jawa. Karya lain dari Gamelane Awan ini punya arti “Merasa Susah” kalau diartikan ke Bahasa Indonesia.

8. Ndruw feat. Bundar – Nang Jejerku

Kamu pasti sudah pernah dengar lagu “Closer” dari The Chainsmokers bersama Halsey. Lagu tersebut diputar hampir di seluruh tempat sepanjang tahun 2017. Bisa pas banget lirik dan maknanya juga tak terlalu beda jauh antara lagu aslinya dengan Bahasa Jawanya.

9. Gamelane Awan – Ojo Minggat

Siapa yang belum pernah dengar lagunya Jessie-J yang “Flashlight”? Lagu ini begitu fenomenal dalam waktu lama pada tahun 2015 dan masih sering terdengar sampai saat ini. Lagu tersebut kemudian dijadikan versi Jawa oleh Gamelane Awan. Karya-karyanya tak mematikan keindahan lagu aslinya dan punya kelebihan tersendiri.

10. Alif Rizky feat. Fazayubdina – Dek Lastri

Lagu ini adalah versi Bahasa Jawa dari lagu “Despacito” yang booming di pertengahan tahun 2017, dinyanyikan oleh Luis Fonsi bersama Daddy Yankee dalam versi aslinya. Ada juga versi yang disertai Justin Bieber di dalamnya. (tom)