Hal apa saja yang harus kamu lakukan saat sedang traveling? Mengabadikan momen traveling dalam jepretan kamera, menikmati suasana yang ada di lokasi traveling, menikmati sajian kuliner lokal, dan yang tak boleh ketinggalan adalah membeli souvenir sebagai kenang-kenangan juga oleh-oleh untuk kerabat dan sahabat dekat. Kamu harus pintar-pintar memilih lokasi tempat membeli souvenir karena jika tidak maka harga yang akan kamu dapatkan tidak akan sesuai dengan budget. Jika biasanya kamu membeli souvenir di pusat oleh-oleh atau toko souvenir ternama, mulai sekarang kamu lebih baik membelinya di pasar tradisional yang harganya jauh lebih murah. Buat kamu yang dalam waktu dekat akan traveling ke Bali, JadiBerita akan memberikan lima list tempat membeli souvenir etnik khas Bali yang harganya sangat ramah di kantong. Mari kita lihat lokasi-lokasinya!

1. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati (catratour.com)

Pasar Seni Sukawati dikenal sebagai pasar seni terbesar di Bali. Pasar ini tak hanya ramai oleh wisatawan lokal, tapi juga wisatawan asing karena para pemandu wisata selalu membawa wisatawan asing ke sini untuk membeli souvenir karena di pasar Seni Sukawati terdapat aneka barang-barang kerajinan tangan khas Bali seperti aksesoris perak, lukisan, peranti makan dengan ukiran khas Bali, dan lain sebagainya. Saat membeli souvenir di sini, jangan lupa untuk selalu menawar harga setengah kurang dari harga awal yang ditawarkan oleh para penjual karena biasanya harga yang ditawarkan 3 kali lipat dari harga awal. Pasar Seni Sukawati terletak di Jalan Raya Sukawati, Gianyar. Jarak tempuhnya dari Bandara Denpasar hanya sekitar 45 menit. Pasar yang buka setiap hari ini bisa kamu datangi mulai pukul 10.00-17.00.

2. Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud (www.bali-indonesia.com)

Pasar Seni Ubud adalah pasar seni yang paling terkenal di Bali karena pasar ini menjadi setting lokasi film Hollywood Eat Pray Love yang dimainkan Julia Roberts. Sesuai dengan namanya, Pasar Seni Ubud terletak di Jalan Raya Ubud. Letaknya yang bersebrangan dengan Puri Saren membuatnya mudah ditemukan. Di pasar seni ini, kamu bisa menemukan aneka benda-benda fashion bercorak khas Bali seperti baju, selendang, aksesoris, hingga hiasan pajangan yang cocok untuk kamar dan rumah kamu. Untuk garga yang ditawarkan cukup murah jika kamu membelinya dalam jumlah grosir. Usahakan membeli tiga atau lebih barang sehingga harganya bisa jadi lebih murah. Pasar Seni Ubud buka setiap harinya mulai dari pukul 08.00-17.00.

3. Pasar Seni Kuta Bali

Pasar Seni Kuta (www.bali-indonesia.com)

Pasar Seni Kuta Bali terletak di Jalan Bakung Sari, Kuta. Di pasar seni ini, kamu bisa menemukan aneka barang seni dan kerajinan tangan seperti lukisan, patung, ukiran, magnet kulkas, gantungan pintu, hingga perlengkapan fashion khas Bali. Untuk berbelanja di pasar yang buka mulai dari pukul 08.00-22.00 malam ini, kamu membutuhkan trik khusus. Bawalah selalu uang pecahan sehingga kamu bisa memberikan uang pas saat membeli dan datanglah pagi-pagi saat pasar baru buka atau menjelang jam tutup karena biasanya harga yang ditawarkan jadi lebih murah.

4. Pasar Seni Merta Nadi

Pasar Merta Nadi (www.bali-indonesia.com)

Pasar seni yang satu ini letaknya hanya sekitar 50 meter dari Pantai Legian, tepatnya berada di Jalan Melasti, Legian. Pasar ini menawarkan segala macam jenis benda yang bisa kamu jadikan souvenir. Saat membeli di Pasar Seni Merta Nadi ini, disarankan kamu datang saat malam hari saat pasar akan tutup karena para pedagang akan memberikan harga diskon alias banting harga saat mereka hendak menutup lapaknya. Pasar Seni Merta Nadi buka setiap harinya mulai pukul 09.00-21.00 malam.

5. Pasar Kumbasari

Pasar Kumbasari (www.bali-indonesia.com)

Tak seperti keempat pasar lainnya, Pasar Kumbasari ini memiliki lokasi indoor yang lebih nyaman untuk kamu berbelanja. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah. Pasar Kumbasari menjual barang-barang khusus souvenir etnik khas Bali dan barang-barang seni yang lengkap sehingga membuat kamu kebingungan untuk memutuskan ingin membeli yang mana. Di sini kamu bisa menemukan aneka patung dalam bentuk mini, kerajinan gerabah dan keramik, peralatan makan, hiasan dinding, hingga lukisan-lukisan cantik yang bisa kamu pajang di rumah. Pasar Kumbasari yang terletak di Jalan Gajah Mada, Denpasar ini buka 24 jam setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika berbelanja di atas pukul 23.00.

Sekarang JBers sudah tahu khan tempat membeli souvenir murah di Bali. Jangan lupa untuk mempraktekkan tips dan triknya ya agar barang yang kamu beli harganya bisa jadi lebih murah. (jow)