Lagu hits Justin Bieber bersama Luis Fonsi dan Daddy Yankee, “Despacito”, terus memantik kreativitas banyak orang, salah satunya warga Indonesia bernama Syifa Adinda Negara. Gadis cantik kelahiran 17 Maret 1997 ini menunjukkan kemampuan bernyanyinya lewat sebuah video yang diunggah di channel YouTube pribadinya, Adinda Negara.

Menariknya, tak hanya fasih melantunkan lirik “Despacito” yang berbahasa Spanyol saja, Syifa juga menunjukkan kemampuan bahasa yang dimilikinya. Tak tanggung-tanggung, dalam video itu ia menyanyikan lagu tersebut dalam lima bahasa, yakni Korea, Inggris, Jepang, Prancis, dan Spanyol.

Berawal dari video itu, nama Syifa menjadi topik perbincangan hangat di dunia maya. Lantas, siapakah sosok gadis berhijab itu sebenarnya? Dilansir jadiBerita dari Soloposcom, Jumat (14/7/2017), Syifa merupakan mahasiswi jurusan sastra Arab di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat. Selain berparas cantik, gadis berdarah Makasar, Sulawesi Selatan, itu juga memiliki segudang bakat, yakni menyanyi, akting, menulis dongeng, pidato, dan membaca puisi. Bukan hanya itu, ia juga menguasai 9 bahasa, yakni Indonesia, Inggris, Jepang, Korea, Spanyol, Jerman, Prancis, Arab, dan Rusia.

Sebelum “Despacito”, Syifa telah mengcover sejumlah lagu hits dari musisi top luar negeri khususnya Korea Selatan, seperti BTS, Exo, serta Black Pink. Selain itu, ia juga pernah menunjukkan kemampuannya berbicara dalam 9 bahasa yang dikuasainya lewat sebuah video di YouTube. Dalam video yang diunggah April 2017 itu ia menjelaskan alasannya mempelajari semua bahasa itu.

Bagi Syifa, bahasa adalah jendela dunia yang memudahkan seseorang untuk berkomunikasi. Semakin banyak bahasa yang dikuasai tentu akan mendatangkan kemudahan baginya. Tak hanya mengikuti kursus, cara belajarnya ternyata cukup mudah. Ia memulai belajar dengan mendengarkan, menulis, dan membaca sebelum berbicara dalam bahasa asing.

Kemampuan berbahasa asing itu terus diasah Syifa dengan cara yang unik. Ia terlihat sangat aktif mengunggah video cover lagu berbahasa asing di YouTube maupun Instagram miliknya, @adindanegara. Sampai saat ini, akun Instagram-nya telah memiliki lebih dari 64 ribu followers, sementara channel YouTube-nya memiliki sekitar 1.600 subscriber.

Teruslah berkarya untuk mengharumkan nama Indonesia. (tom)