Kota Mulia, Desa Terdingin di Indonesia yang Suhunya Mencapai Titik Beku


Ternyata, meskipun merupakan negara beriklim tropis, Indonesia juga memiliki daerah yang bersuhu rendah. Daerah itu adalah Distrik Mulia atau Kota Mulia. Kota yang menjadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua ini memiliki daratan seluas 883 km persegi dan berada pada ketinggian 2.448 mdpl dan diketahui menjadi kota paling dingin di Indonesia

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, kota dengan jumlah penduduk sekitar 24.649 jiwa ini suhu pada malam hari bisa mencapai 9 derajat Celcius. Bahkan, bisa turun hingga mencapai titik beku. Sementara suhu normal pada siang hari berkisar 15-20 derajat Celsius, yang tentu saja masih termasuk dingin bagi penduduk Indonesia. Tak salah kalau distrik ini disebut sebagai Desa Terdingin di Indonesia. Hal ini dikarenakan distrik tersebut berada dekat dengan Pegunungan Jaya Wijaya, yang dikenal karena memiliki salju di puncaknya. Menurut data dari Badan Metereologi dan Geofisika, curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya ini terjadi hampir sepanjang tahun.

Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Papua (Tribunnews)

Untuk bisa menikmati suhu paling dingin di Indonesia ini, kamu harus terlebih dulu pesawat kecil jenis Caravan yang hanya memuat sembilan penumpang, selama satu jam dari kota Jayapura. Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

Sekolah negeri di Distrik Mulia (Sekolahkita)

Kamu juga bisa menggunakan jalur darat untuk menuju Distrik Mulia dengan jarak tempuh selama 16 jam. Tantangannya, perjalanan jalur darat ini harus melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Bahkan, melewati pegunungan yang berbukit dengan jurang curam di sisi kiri dan kanan.

Perjalanan darat (Ediginting)

Meski berada di lembah gunung, Distrik Mulia sudah terkena arus modernisasi dengan adanya sejumlah kantor pemerintah. Bahkan, jalan raya di daerah ini pun sudah dilapisi aspal. Fasilitas publik telah terlengkapi di pemukiman penduduk yang sudah tersebar di seluruh penjuru Distrik Mulia seperti rumah ibadah, rumah sakit, sekolah dan tempat olahraga. Selain itu, Distrik Mulia juga memiliki sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai sumber listrik.

Jika kamu ingin bepergian ke sini, jangan lupa untuk membawa baju hangat agar kamu tak kedinginan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak