Kreativitas seseorang tak selamanya tercermin dalam selera musik, kemampuan seni, ataupun cara berpakaian. Lebih dari itu, ciri kreativitas terlihat dari keseharian seseorang dan caranya menyikapi masalah. Orang kreatif biasanya tidak menyadari keberadaan 10 ciri di bawah ini, padahal mereka telah melakukannya selama bertahun-tahun.

1. Sering begadang

Bergadang

Konfigurasi otak yang berbeda membuat orang kreatif lebih suka bekerja bekerja larut malam. Pada saat itu, mereka merasa semua ide dapat dikeluarkan dan dieksekusi dengan baik. Penelitian dari medicaldaily, 2013¬†bahkan menyatakan, IQ orang yang lebih suka kerja malam cenderung lebih tinggi dari para “morning people.” Meskipun demikian, bukan berarti begadang membuat seseorang jadi kreatif.

2. Cenderung lebih banyak mendengar

Lebih banyak mendengarkan

Bukan berarti introvert atau pendiam, orang kreatif lebih banyak mendengarkan karena mereka mengawasi kejadian di sekitarnya. Waktu tanpa bicara itu digunakan untuk menelaah makna di balik obrolan dan memikirkan respon terbaik supaya semua orang bisa memahami yang dibicarakan kemudian. Tapi, tak semua orang yang banyak diam itu termasuk kreatif, loh.

3. Nongkrong dengan orang-orang kreatif

Nongkrong dengan sahabat kreatif

Seperti halnya magnet, orang kreatif cenderung lebih tertarik berteman dengan sesama kreatif. Sementara itu, orang yang memaksakan diri berteman dengan para kreatif belum tentu diterima karena berbeda pola pikir, sudut pandang, dan gaya bergaul.

4. Cenderung perfeksionis

Perfeksionis

Hasil 95% sama sekali tidak diterima oleh para orang kreatif. Ketika mengerjakan sesuatu, hasil yang dikejar selalu 100%. Kalau bisa, malah 1000%. Inilah sebabnya mereka habiskan banyak waktu untuk mengembangkan keahlian sampai akhirnya tidak ragu untuk begadang.

5. Berani mengkritik karya sendiri

Berani Kritik Diri Sendiri

Orang yang benar-benar kreatif tak perlu mengumumkan kepada orang-orang bahwa dirinya memiliki kemampuan dan potensi besar. Sebaliknya, mereka malah cenderung keras pada diri sendiri dan tidak ragu mengeritik karya yang dianggap kurang sempurna. Apabila perasaan tersebut tidak terkontrol, orang kreatif juga lebih mudah stres dan depresi akibat perasaannya sendiri.

6. Selalu “kepo”

Selalu Kepo

Keingintahuan yang tinggi merupakan senjata orang kreatif untuk memahami sesuatu, mewujudkan ide, atau memandang sebuah peristiwa dari sudut pandang lain. Karena, hanya dengan mengumpulkan informasi dan menghubungkannya mereka yang kreatif mampu melihat sebuah kejadian atau masalah lebih jelas lagi.

7. Terlibat berbagai project

Bekerjasama dalam beberapa project

Kreativitas itu pula yang membuat seseorang dipercaya banyak pihak untuk mengerjakan project. Akibatnya, tugas orang yang kreatif terbilang lebih banyak daripada orang biasa. Apabila tidak mampu mengatur jadwal, efeknya jelas buruk karena mengakibatkan keteteran.

8. Bertanya pertanyaan yang tepat

Bertanya Pertanyaan yang Tepat

Pertanyaan yang tepat bisa membuat lawan bicara berubah pemikiran, berbicara lebih dalam, dan berpikir. Yang jelas, ada lebih banyak informasi yang bisa digali dengan menanyakan hal yang tepat. Sudah jelas, informasi baru itu membuat wawasan seseorang makin banyak.

9. Merasa tidak kreatif

Merasa Tidak Kreatif

Dalam Psikologi, “Dunning-Kruger Effect”¬†menyatakan, seseorang yang terlalu bodoh tidak akan menyadari kebodohannya. Lain halnya dengan orang kreatif yang merasa kreativitasnya tak pernah cukup sehingga dia terus mengasah kemampuan.

10. Menghadapi masalah

Pandai Menyelesaikan Masalah

Di antara poin di atas, ini adalah ciri utama orang kreatif. Mereka tak ragu memanfaatkan semua pengetahuan dan sudut pandang untuk menghadapi berbagai masalah. Bukan hanya satu, bahkan orang kreatif bisa menghasilkan dua, tiga, atau empat solusi sekaligus. (jow)