via hipwee

Tiap ada tokoh luar negeri berkunjung, tiap itu pula kekayaan alam Tanah Air mendapat pujian hingga jadi perbincangan media. Di antara melimpahnya wisata alam Indonesia, di bawah ini adalah 5 contoh fenomena unik yang menambah daya tarik bagi wisatawan asing ataupun dalam negeri.

1. Api Abadi Mrapen

via Catatan Nimnim

Terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Api Abadi Mrapen terus membara sepanjang tahun meski diguyur hujan deras sekalipun. Kobarannya terus menyala karena gas alam yang keluar dari dalam tanah.

Karena dianggap sakral dan memiliki nilai sejarah, Api Mrapen digunakan untuk menyalakan obor Pesta Olahraga Internasional Ganefo I pada 1 November 1963, Pekan Olah Raga Nasional (PON), dan obor yang digunakan Umat Buddha dalam merayakan Hari Raya Waisak.

2. Bledug Kuwu

via Tribun Jogja

Hamparan lumpur di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Purwodadi, Provinsi Jawa Tengah selalu meletup tiap 2-3 menit. Ketinggian letupan gelembung beradius 650 meter itu sampai setinggi 2 meter dan tampak dari radius 100 meter.

Bukan hanya debu (bledug), gelembung letupannya pun mengandung garam, cairan belerang, dan gas. Sejumlah warga memanfaatkan fenomena unik itu untuk mengobati penyakit kulit sementara air yang mengandung garamnya merupakan bahan membuat kerupuk gendar yang merupakan khas Desa Kuwu.

3. Pantai Pink

via HofWayRound

Daya tarik Taman Nasional Komodo bukan hanya udara hangat, tempat trekking yang seru, dan kadal raksasa bercakar juga taring tajam yang hidup liar di sekitar warga. Ada satu pantai dengan pasir berwarna pink yang tak mungkin ditemukan di pantai lain.

Jangan ketakutan dulu karena warna pink itu bukan berasal dari darah bekas buruan komodo. Melainkan, dari serpihan karang berwarna pink yang tersapu ombak hingga akhirnya menyatu dengan pasir pantai. Karang yang dimaksud banyak tumbuh di sekitar area tersebut.

4. “Api Biru” Ijen

via Twisata

Meski bentuknya menyerupai api, fenomena alam yang terjadi di Kawah Ijen, Banyuwangi itu sama sekali tak mengandung api. Itu adalah fenomena alam yang terjadi ketika gas yang keluar dari perut Ijen bertemu dengan oksigen.

Pertemuan dua zat itu menghasilkan efek api biru seperti yang sering terlihat pada kompor gas. Fenomenanya terlihat jelas saat penerangan minim, jadi paling baik melihatnya setelah matahari tenggelam hingga fajar menyingsing.

5. Seruling Laut

via hipwee

Celah sempit pada batu karang di Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur mengeluarkan suara seperti seruling ketika diterpa ombak. Bukan hanya itu, celah tersebut juga memuncratkan air hingga setinggi 10 meter. Pemandangan yang sayang dilewatkan.

Hanya saja, butuh perjuangan untuk mencapai lokasi unik tersebut karena daerahnya yang tergolong tersembunyi. Pantai Klayar terletak 45 km sebelah barat Pacitan, tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Jawa Timur.