Bir Pletok, Bir Khas Betawi Tanpa Alkohol dan Aman Dikonsumsi

Mendengar kata bir, mungkin yang terbesit dalam pikiran kamu adalah sebuah minuman yang bisa memabukkan dan diharamkan dalam agama Islam. Namun ternyata ada bir yang tidak memabukkan dan halal diminum. Bir itu adalah Bir Pletok.

Indonesia merupakan negara dengan budaya dan kuliner beragam, dan Bir Pletok merupakan salah satu minuman khas Indonesia khususnya bagi masyarakat Betawi. Walaupun minuman ini memiliki nama bir namun sama sekali tidak ada kandungan alkohol dalam minuman ini, bahkan minuman ini sama sekali tidak menyebabkan orang yang meminumnya mabuk.

Bir Pletok (Beergembira)

Bir Pletok adalah minuman khas yang mulai dibuat oleh masyarakat Betawi sejak zaman pemerintah kolonial Belanda. Masyarakat betawi yang mayoritas beragama Islam pada saat itu sering mendapati orang-orang Belanda meminum wine dan bir setiap mereka mengadakan pesta atau perjamuan makan. 

â??Mereka banyak menyaksikan orang Belanda berpesta. Ukuran seberapa extravaganza-nya pesta mereka, adalah seberapa banyak wine yang dikeluarkan,â? ujar JJ Rizal, peneliti budaya Betawi, seperti dikutip dari CNNIndonesiacom, Rabu (19/7/2017).

Ketaatan masyarakat Betawi pada ajaran agama membuat mereka berpikir untuk bisa menikmati bir tanpa harus melanggar perintah agama. â??Itu haram, dan bagi mereka budaya itu terlalu jauh,â? ujar Rizal.

Bir Pletok (Hipwee)

Maka dibuatlah minuman Bir Pletok, minuman dengan warna khas bir yang terbuat dari rempah-rempah dan dapat disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.â??Itu konsep imitasi. Orang Betawi menyebut anjing, apa pun namanya, dipanggil Bleki. Padahal itu dari warna black, hitam. Sama seperti ini. Yang penting warnanya seperti bir, disebutlah bir,â? kata Rizal menjelaskan.

Rempah yang digunakan dalam bir pletok antara lain jahe, daun pandan wangi, dan serai. Agar warnanya lebih menarik, biasanya digunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Jika ingin meminumnya dalam keadaan dingin, biasanya bir pletok dituangkan ke dalam seruas bambu, diisi dengan beberapa bungkah es batu, ditutup mulut bambu yang terbuka, dan kemudian diguncang-guncang, sehingga menimbulkan bunyi pletok-pletok. Busa yang muncul saat minuman ini diguncang dalam bambu semakin menambah kesan kemiripan bir pletok dengan bir asli.

Kemasan botol Bir Pletok (Detik)

Disamping rasanya yang nikmat dan segar, bir pletok juga diyakini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, di antaranya mampu meredakan nyeri lambung dan memulihkan radang sendi. Jika disajikan dalam keadaan hangat,  bir pletok dipercaya mengurangi rasa mual, batuk, dan gejala flu ringan.

Kandungan jahe yang ada di dalam bir ini juga terbukti berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengobati masuk angin. Penelitian lain menyebutkan, kandungan enzim protease dan lipase yang terkandung dalam jahe berfungsi memecah protein dan lemak. Enzim inilah yang membantu mencerna dan menyerap makanan sehingga meningkatkan napsu makan.

Mau bir yang tanpa alkohol dan menyehatkan? Minum saja Bir Pletok ini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Dari Perpustakaan Hingga Gym, Ini Fasilitas Mewah yang Ada di Perpustakaan UI

Clarissa Tamara, Pemain Biola Asal Indonesia Pencetak Rekor Dunia