Selama beberapa tahun belakangan, tak sedikit film-film Indonesia yang berhasil mendunia berkat meraih penghargaan internasional dan diputar di berbagai festival film dunia. Bangganya lagi, tiket film-film Indonesia itu ludes terjual di luar negeri. Ini menunjukkan antusiasme orang luar negeri terhadap film Indonesia. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah film-film Indonesia yang tiketnya habis terjual di luar negeri.

1. The Raid

Film “The Raid”, atau judul lengkapnya “The Raid: Redemption” ini sempat diputar di festival film dunia, yaitu Sundance Film Festival di Amerika Serikat. Pada festival film yang setara dengan Festival Film Cannes di Prancis itu, “The Raid” menjadi film box office atau spotlight di sana. Tiketnya habis terjual dan penonton memuji habis-habisan teknik pembuatan film Indonesia itu. Film itu sekaligus menjadikan film Indonesia pertama yang tiketnya habis terjual di festival film dunia.

2. A Copy of My Mind

Film karya Joko Anwar ini sukses diputar di berbagai festival film kelas dunia, seperti Venice International Film Festival dan Toronto International Film Festival 2015. Film ini juga meraih kesuksesan di Korea Selatan. Terbukti, tiket untuk screening film ini di Busan International Film Festival (BIFF) 2015 terjual habis.

3. Ada Apa dengan Cinta 2

Sekuel “Ada Apa dengan Cinta” yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini meraih sukses di negara tetangga, Malaysia. Film yang rilis tahun 2016 lalu ini berhasil meraup pendapatan lebih dari 300 ribu ringgit atau Rp 960 juta pada hari pertama penayangan di negeri Jiran itu. Hal ini wajar saja, mengingat pada hari pertama pemutaran film tersebut tiketnya langsung habis terjual.

4. Headshot

Film ini juga pernah diputar di festival film dunia, yaitu Toronto International Film Festival (TIFF) 2016. Dalam festival film yang ke-41 ini, film “Headshot” telah diputar sebanyak 3 (tiga) kali yaitu 1(satu) kali di Ryerson Theatre tanggal 9 September 2016 dengan kapasitas penonton sekitar 1000 tempat duduk. Sedangkan 2 (dua) kali lainnya ditayangkan di Scotiabank Theatre pada tanggal 10 September dan 16 September 2016 dengan kapasitas penonton sekitar 200 tempat duduk. Selama mengikuti festival, tiket masuk untuk film “Headshot” langsung terjual habis.

5. Negeri Van Oranje

Pemutaran film “Negeri Van Oranje” yang disutradarai Endri Pelita sukses meledak di Belanda. Publik di Belanda menyambut hangat pemutaran perdana film ini di Den Haag, Belanda, membeli habis tiket film tersebut kurang dari 24 jam sejak diumumkan di website dan media sosial KBRI Den Haag. Karena permintaan dari penonton yang membludak, pemutaran kedua pun dilakukan. Hebatnya, tiket untuk pemutaran kedua itu pun terjual habis. (tom)