Satu lagi anak bangsa bikin harum nama tanah air, lewat prestasi mengagumkan di ajang internasional. Clarissa Tamara, seorang violin muda yang masih berusia 14 tahun, berhasil mencatatkan namanya sebagai pemain biola tercepat di dunia.

Namanya tercantum di Record Holders Republic (Registry of Official World Records) dan juga tercatat di Everest World Record, setelah membuat catatan waktu 49,42 detik, ini berarti 18 not per detik. Catatan waktu Clarissa ini lebih cepat sekitar 5 detik dari rekor sebelumnya. Pemecahan rekor diadakan di Hall Yamaha Music Center Lt. V, pada tanggal 15 Juni 2013 lalu.

Di depan juri Bapak Tamam Hoesein, Ibu Widya Kristianti, Ibu Dian HP serta 2 orang juri saksi dari pihak Record Holders Republic (RHR), Clarissa memainkan lagu klasik “Flight of The Bumblebee” ciptaan komposer Nikolaj Rimsy Korsakov. Lagu ini memang terkenal cepat dan sulit dimainkan meskipun memakai tempo normal. Untuk pemecahan rekor ini, tempo lagu tersebut dinaikkan menjadi jauh lebih cepat.

Cewek ini ini mulai menorehkan prestasinya di bidang musik biola sejak berusia 3,5 tahun. â??Aku sudah suka biola sejak berumur 2 tahun. Mungkin karena papa juga musisi, jadi darah musiknya mengalir ke aku,â? ujar cewek kelahiran Jakarta, 28 April 1999 ini, seperti dikutip dari Gadiscoid, Kamis (20/7/2017).

Selain mencetak rekor dunia, pada bulan Agustus 2015 lalu, Clarissa sempat mengikuti kegiatan Child Aid Asia (CAA) 2015 di Malaysia. Acara ini merupakan konser amal yang bertujuan memberikan beasiswa kepada anak-anak berusia di bawah 19 tahun yang ingin belajar di dunia seni. â??Selain saling membantu, acara ini membuatku memiliki pengalaman yang menyenangkan karena bisa mewakili Indonesia dan berkolaborasi dengan anak-anak dari berbagai negara,â? tutur cewek mungil ini sambil tersenyum.

Berikut videonya.

(tom)