Makanan asal Padang, rendang, kembali dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN. Sebenarnya, rendang bukanlah nama makanannya tapi cara memasaknya. Jadi rendang itu tak hanya berupa daging sapi saja, tapi bisa juga berbagai macam variasi. Berikut adalah jenis-jenis rendang yang ada di Indonesia, seperti dilansir dari WowKerencom, Jumat (21/7/2017).

1. Rendang daging

Rendang Daging (WowKeren)

Rendang ini adalah rendang yang paling populer dan banyak ditemui di daerah-daerah. Rendang daging inilah yang menyandang predikat sebagai makanan terenak di dunia versi CNN selama dua tahun berturut-turut.

2. Rendang ayam

Rendang Ayam (WowKeren)

Selain daging sapi, rendang ayam juga sering ditemui. Daging ayam bisa diolah dengan cara digiling, dipotong atau disuwir. Rendang ayam biasanya menjadi pilihan pengganti daging karena harganya yang lebih murah dan banyak disukai. Rendang yang satu ini merupakan makanan khas di daerah Kapau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dan sudah biasa disajikan di restoran Nasi Kapau.

3. Rendang daging kambing

Rendang Daging Kambing (WowKeren)

Meski identik dengan dagingnya yang bau, tapi aroma amis dalam daging kambing bisa disiasati dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan merebus daging kambing tanpa mencucinya, lalu buang air rebusan tersebut. Daging kambing kemudian bisa diolah dengan bumbu rendang yang kaya akan rempah sehingga rasanya juga mantap.

4. Rendang hati dan paru sapi

Rendang Hati dan Paru Sapi (WowKeren)

Selain rendang daging, kalian juga wajib mencoba rendang yang terbuat dari hati dan paru sapi. Proses pembuatannya juga nggak jauh berbeda. Namun karena tekstur hati dan paru yang cukup unik, membuat masakan yang satu ini sayang banget buat dilewatkan.

5. Rendang itik

Rendang Itik (WowKeren)

Selain rendang ayam, rendang itik juga banyak ditemukan di daerah Sumatera Barat, khususnya di Payakumbuh. Bebek juga biasa diolah menjadi rendang karena di sana memang sulit ditemukan daging sapi. Agar empuk, daging itik perlu direbus terlebih dahulu.

6. Rendang kerang

Rendang Kerang (WowKeren)

Bukan hanya daging ternak, hasil laut pun bisa diolah menjadi rendang. Misalnya saja rendang kerang pensi dan lokan. Makanan yang satu ini bisa ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman dan Nagari Sasak.

7. Rendang ikan

Rendang Ikan (WowKeren)

Selain kerang, ikan juga bisa diolah dalam bumbu rendang. Mulai dari ikan rendang ikan tengiri, tongkol hingga maco. Rendang maco sendiri adalah sejenis ikan asin yang rasanya gurih dan nggak kalah nikmat dari rendang daging biasanya.

8. Rendang telur

Rendang Telur (WowKeren)

Sesuai namanya, rendang telur memang terbuat dari telur ayam. Ada rendang telur bulat biasa ada pula yang unik dan asli Padang. Rendang telur ini bisa dibuat dari campuran telur dan tepung tapioka yang diolah menjadi keripik. Selanjutnya, keripik telur tersebut dicampur kedalam bumbu rendang. Makanan yang banyak ditemukan si Padang khususnya daerah Payakumbuh ini tentunya nggak kalah lezat dari yang lain. (tom)