Pernahkah kamu menemukan teman atau dirimu berbicara sendiri? Berbicara pada diri sendiri memang dianggap hal yang aneh. Bahkan ada yang mengira kalau berbicara sendiri dianggap tidak normal atau mengalami gangguan jiwa. Tapi ternyata berbicara sendiri dikatakan sebagai orang yang termasuk jenius dan pintar. Masa iya? Hal ini bukanlah tanpa alasan. Dilansir dari lifehack.org, sudah ada banyak penelitian yang meneliti tentang teori ini. Salah satunya adalah seorang peneliti psikolog yang bernama Gary Lupyan dan Daniel Swigley. Dari penelitian tersebut, mereka mengambil kesimpulan bahwa memang benar jika orang yang suka berbicara sendiri itu bisa menjadi jenius. Ada lima alasan logis yang bisa menjelaskan hal tersebut. Mari kita lihat!

1. Membuat Otak Lebih Aktif

Berbicara pada diri sendiri (thegreekobserver.com)

Saat kamu berbicara sendiri, seluruh jaringan yang ada di otak menjadi lebih aktif bekerja karena menerima sinyal untuk menstimulasi apa yang sedang kamu pikirkan untuk dikatakan secara verbal. Jaringan otak yang terus aktig ini bisa membantu agar kamu tetap terus mengingat dan terhindar dari yang namanya lupa. Coba saja kamu perhatikan kalau sedang kelupaan sesuatu, kebanyakan dari kamu pasti akan mengatakan, â??Tadi mau ngapain ya?â? atau â??Kayaknya tadi aku kelupaan sesuatu.â?

2. Membuat Lebih Fokus

Berbicara pada diri sendiri (salemwebnetwork.com)

Berbicara sendiri, terutama dengan suara yang kencang akan membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi. Di dalam otak dan pikiranmu, pasti akan ada banyak pikiran yang kamu pikirkan. Dengan cara berbicara pada diri sendiri, kamu bisa mengorganisir apa yang harus kamu pikirkan dan kamu selesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa kamu selesaikan nanti. Dengan kata lain, kamu bisa membuat prioritas sehingga kamu tidak kebingungan. Jika prioritas sudah ditentukan, maka otak kamu akan langsung fokus mengingat apa yang harus dilakukan.

3. Membantu Saat Kamu Membutuhkan Sesuatu

Berbicara pada diri sendiri (www.usnews.com)

Pernah tidak ketika membutuhkan sesuatu, tapi kamu lupa di mana meletakkannya. Cobalah untuk berbicara pada diri sendiri dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti, â??Kira-kira tadi aku taruh di mana ya?â? atau â??Sepertinya aku letakkan di sini, kenapa sekarang tidak ada?â? atau â??Coba aku ingat-ingat dulu di mana terakhir aku meletakkannya?â?. Dengan berbicara pada diri sendiri, perkataan atau verbal kamu akan memberikan sinyal kepada otak untuk membuka lagi ingatan-ingatan yang penting. Dengan terus mengulang pertanyaan seperti tadi, pasti kamu akan dengan cepat menemukan sesuatu yang kamu butuhkan.

4. Meningkatkan Kemampuan Verbal

Berbicara Sendiri (pinimg.com)

Kenapa saat ingin melakukan presentasi, kamu disarankan untuk berbicara keras-keras? Kinerja otak akan terbantu saat kamu berbicara sendiri sehingga kamu jadi lebih cepat menghapal. Dengan berbicara sendiri, otak akan memvisualisasikan apa yang kamu bicarakan dan merekam kosa kata. Nantinya jika kamu gugup, otak akan memutar dan mengingat kembali apa yang telah kamu bicarakan sebelumnya dan kosa kata apa yang sudah kamu ingat.

5. Membangun Kepercayaan Diri

Berbicara pada diri sendiri (www.refinery29.com)

Berbicara pada diri sendiri bisa membangun kepercayaan diri. Tak heran kalau orang-orang jenius yang kita kenal selama ini memiliki rasa kepercayaan diri yang sangat tinggi. Dengan berbicara pada diri sendiri, kita jadi bisa menyemangati diri sendiri dan hal itu bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri. Kamu akan memberikan energi positif dan motivasi pada otak dan tubuh untuk selalu bersemangat. Kamu juga bisa jadi lebih mudah mencapai gol atau tujuan hidupmu.

Nah, sekarang JBers percaya khan kalau orang yang suka berbicara sendiri itu adalah orang yang genius? (jow)