Vlog atau video blogger adalah tren kekinian yang sedang digandrungi anak muda. Sesuai dengan namanya, vlog sebenarnya merupakan blog yang berisi video. Vlog pertama kali muncul pada tahun 2004, namun baru mulai meningkat popularitasnya di Amerika pada tahun 2005. Sementara di Indonesia baru popular beberapa tahun belakangan ini. Biasanya hasil video akan diunggah di situs youtube, tapi sekarang kamu juga bisa mengunggahnya di instagram meski durasi video hanya bisa 15 detik. Vlog yang kece tak hanya dilihat dari unsur tema materi yang kamu berikan, tapi juga dari segi penampilan hostnya alias kamu sendiri. JadiBerita punya lima tips agar tampilan wajahmu terlihat kece saat ngevlog, yaitu:

1. Mengenakan Pakaian yang Menarik

Pakaian yang menarik (dailymotion.com)

Saat membuat vlog, apa yang kamu kenakan akan selalu menjadi perhatian. Fokus pertama saat orang mengklik channel kamu, pasti akan memperhatikan baju apa yang kamu kenakan serta aksesorisnya. Gunakanlah pakaian yang menarik, tapi tetap sopan. Apa yang akan kamu gunakan pasti berpengaruh pada tampilan wajamu. Tak perlu pakaian yang mahal kok JBers, cukup pakaian yang pas di tubuhmu dan sesuai dengan tema vlog yang akan kamu buat.

2. Temukan Background Terbaik

Background Ngevlog (istock.com)

Ada banyak pilihan background yang bisa dipilih saat ngevlog. Tapi selalu usahakan untuk memilih background terbaik yang terlihat kece. Jika kamu merupakan vlog pemula, pilih background yang bisa menunjukkan jati diri kamu sebagai vlogers. Background seperti kafe atau rumah makan yang instagramable bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sudut ruangan yang ada di rumahmu, asalkan ruangan tersebut sudah kamu rapikan terlebih dahulu. Kamu harus menyamakan background dengan pakaian serta tema yang akan kamu pilih.

3. Mengecek Sumber Cahaya

Mengecek Sumber Cahaya (pictub.club)

Jangan lupa untuk selalu mengecek sumber cahaya karena cahaya bisa mengubah tampilan wajah kamu. Ketika mengecek sumber cahaya, usahakan jangan membelakangi cahaya atau backlight agar kulit wajah kamu tidak terlihat semakin gelap. Selain itu, backlight juga bisa membuat kualitas videomu jadi kurang bagus. Sumber cahaya yang terbaik adalah cahaya alami dari sinar matahari. Cahaya dari lampu biasanya memiliki hasil yang tidak sebagus cahaya alami. Jika kamu tidak bisa menemukan cahaya alami dan terpaksa menggunakan cahaya lampu, maka usahakan untuk memilih background yang cerah.

4. Mengambil Angle yang Tepat

Vlog (static.pulse.com.gh)

Pengambilan angle yang tepat sangat menentukan bagaimana tampilanmu nanti di layar. Cara pengambilan angle yang tepat ini bisa kamu coba terlebih dahulu dengan melakukan selfie sehingga kamu bisa melihat dari angle mana tampilan wajahmu terlihat lebih kece. Pilihan angle yang biasa digunakan untuk vlog adalah angle atas dan angle ¾. Jangan lupa untuk mengeksplor atau memberi ruang untuk background di sekitarmu. Jika isi layar nantinya hanya wajahmu saja, pasti orang yang akan menontonnya bisa bosan.

5. Mengecek Make up

Make Up untuk Vlog (moxiemediaco.com)

Tips yang satu ini sudah pasti diberlakukan untuk cewek. Memakai make up saat ngevlog bisa membuat tampilan wajah jadi lebih kece. Tak perlu make up yang tebal karena kamu cukup memulaskan bedak serta lip tint yang simple. Memakai make up yang berlebihan bisa membuat penontonmu akan hilang fokus dan tidak bisa menikmati apa yang ingin kamu sampaikan. Meski tidak menggunakan make up, tapi untuk cowok usahakan agar membersihkan atau mencuci wajah terlebih dahulu agar tampilan wajah jadi lebih segar.

Sekarang, JBers sudah bisa ngevlog dengan tampilan yang lebih kece. (jow)