5 Desa Tertinggi di Indonesia Bak Negeri di Atas Awan

Pemandangan dataran tinggi di Indonesia selalu memikat dan dapat membuat kita takjub. Pemandangan sunrise dan hawa sejuk pun adalah beberapa hal yang dapat kita temui di dataran tinggi. Selain memiliki banyak gugusan pulau, Indonesia kaya akan pegunungan dengan pesona alam yang sempurna. Keindahannya makin lengkap dengan potret pemukiman yang berada tidak jauh dari puncak gunung. Berikut adalah 5 desa tertinggi di Indonesia dengan hamparan bukit hijau yang memanjakan mata, seperti dilansir dari Adventuretravelcom, Senin (24/7/2017).

1. Desa Sembungan

Desa Sembungan (Piknikasik)

Sudah menjadi rahasia umum jika objek wisata Wonosobo memiliki panorama sempurna di atas awan. Banyak destinasi menarik yang membuat turis terkagum-kagum, salah satunya adalah Desa Sembungan. Berada di ketinggian 2.306 mdpl, Sembungan dijuluki sebagai desa tertinggi di pulau Jawa. Wahana wisata untuk menikmati alam di sana pun beragam, mulai dari Bukit Sikunir, Telaga Cebong, Gunung Pakuwojo hingga Curug Sikarim. Benar-benar tempat keren untuk melepaskan penat.

2. Desa Argosari

Desa Argosari (Kim-sinar-harapan-tekung)

Bukan hanya Sembungan, di Pulau Jawa ada lagi desa yang terletak di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Ialah Desa Argosari di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Lumajang. Selain udara dingin yang mencapai 5 derajat celcius, Agrosari juga terkenal dengan puncaknya untuk melihat panorama Gunung Bromo.

3. Ranu Pani

Ranu Pani (Agenwisatabromo)

Masih di daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada satu lagi desa yang memiliki ketinggian 2.100 mdpl. Ialah Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang yang mayoritas dihuni oleh suku Tengger. Selain udara dingin yang menyegarkan, di desa terakhir sebelum Semeru ini juga memiliki wahana wisata yang wajib dikunjungi yaitu Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo yang sudah terkenal dikalangan traveler.

4. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo (Klikmania)

Meski tak setinggi desa di Jawa, kampung di atas awan ini benar-benar indah dan membuat banyak orang terkagum-kagum. Bagaimana tidak, permukiman yang hanya diisi 7 rumah adat ini dikelilingi oleh hutan belantara yang asri. Untuk dapat berkunjung ke wana wisata di barat daya Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai Barat ini harus menempuh perjalanan melelahkan. Bukan kendaraan, tetapi jalan kaki sekitar 2 sampai 3 jam.

5. Desa Sembalun

Desa Sembalun (Mytripjournal)

Sembalun menjadi gerbang pertama yang digunakan pendaki untuk menyambangi Gunung Rinjani. Seperti desa di pegunungan lainnya, Sembalun pun dikenal dengan udara yang segar. Seluruh pemandangan di desa ini serba hijau dan bikin mata adem. Terletak di ketinggian sekitar 1000 hingga 1200 mdpl, Desa Sembalun makin menarik jika dilihat dari beberapa bukit yang mengelilinginya. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan yang menjadi tempat paling indah untuk melihat pemukiman serta ladang desa. (tom)

Apa Komentarmu
Tunggu Dong...