Seperti yang sudah diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau. Terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Di dalamnya ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki keunggulan lain dibandingkan bangsa lainnya. Apa saja? Berikut beberapa keunggulannya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Negara maritim terbesar di dunia

Pantai Iboih (Ulinulin)

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 km persegi dan panjang pantai sekitar 81.000 km persegi atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia.

2. Memiliki suku bangsa terbanyak di dunia

Penari Bali (Hasbihtc)

Indonesia memiliki suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua saja terdapat 270 suku. Dengan jumlah suku sebanyak itu menjadikan Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Meski banyak memiliki bahasa daerah namun bahasa nasionalnya yaitu Bahasa Indonesia mampu menyatukannya tanpa menghilangkan tutur bahasa daerahnya.

3. Negara muslim terbesar di dunia

Ilustrasi muslim Indonesia (Sindonews)

Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga ini menjadikan Indoensia memiliki jumlah masjid terbanyak serta negara penyumbang jamaah haji terbesar di dunia.

4. Memiliki kekayaan alam terbesar di dunia

Rafflesia Arnoldi (LIPI)

Indonesia memiliki terumbu karang terkaya di dunia, yang mencapai 18% dari total di dunia. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia untuk untuk mencegah pengikisan air laut. Indonesia juga memiliki kekayaan bunga anggrek terbesar di dunia yang mencapai 6.000 jenis anggrek serta bunga Rafflesia Arnoldi sebagai bunga terbesar di dunia dengan diameternya mencapai 1 meter.

5. Kekayaan hewan di Indonesia

Komodo (BBC)

Indonesia adalah habitat untuk binatang purba yang masih hidup yaitu Komodo, kadal terbesar di dunia dengan panjangnya mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Komodo hanya terdapat di Pulau Komodo dan sekitarnya di NTT. Di lautan Indonesia memiliki Indonesia spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 spesies. Indonesia memiliki primata terkecil di dunia yaitu Tarsier Gunung (Tarsius pumilus) di Sulawesi yang panjangnya hanya 10 cm. Di Sulawesi juga ditemukannya ular Python reticulates terpanjang di dunia, panjangnya 10 meter. Ikan terkecil di dunia ditemukan di rawa berlumpur Sumatera. Panjangnya hanya 7,9 mm dan maksimal besarnya kurang lebih sebesar nyamuk. (tom)