Bosan dengan Kebun Binatang Ragunan? Kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Apa yang ditawakan di Kebun Binatang Surabaya alias KBS ini?

Kebun binatang ini cukup terkenal dan menjadi salah satu tujuan rekreasi yang sangat membanggakan karena menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. Lokasi kebun binatang ini juga cukup dikenal karena terletak di depan patung “Suroboyo”, patung Hiu dan Buaya yang melambangkan kota Surabaya. Selain itu, KBS juga mudah dijangkau karena dekat dengan terminal Joyoboyo.

Di dalam KBS ini, ada lebih dari 351 spesies hewan dan lebih dari 2 ribu hewan hidup di kebun binatang ini. Salah satu di antaranya adalah termasuk spesies asli Indonesia dan yang terancam punah di dunia, baik Mamalia, Aves (unggas), Reptilia, dan Pisces (ikan).

Kebun Binatang Surabaya (Wisatajalan)

Setiap kandang hewan dalam KBS dikelompokkan ke dalam berbagai kategori. Misalnya, di kategori unggas atau burung (Aves), terdapat pelikan Australia, burung merak, jalak Bali, dan burung unta. Ada juga harimau sumatera, macan tutul, harimau putih, singa, dan beruang untuk kategori mamalia.

Sementara itu, di sisi belakang kebun binatang, merupakan kandang untuk primata yang terdiri dari orangutan, simpanse, babon dan bekantan. Setelah itu, kamu dapat melihat kandang jerapah, kuda, rusa, unta, kuda nil, dan elderly bison Amerika.

Ada juga koleksi satwa yang dilindungi dan langka seperti komodo, tapir, babi rusa dan anoa dapat kamu temukan di KBS. Kebun binatang ini selain menjadi tempat rekreasi juga berfungsi sebagai tempat konservasi bagi hewan-hewan.

Kebun Binatang Surabaya (Wisatajalan)

Selain hewan darat, kamu juga dapat melihat air tawar dan ikan air laut yang terletak di daerah Aquarium. Di Aquarium ini terdapat Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia, berasal dari Amazon, Amerika Selatan. Di daerah ini ada juga spesies binatang reptil seperti beberapa jenis buaya, ular, iguana dan penyu. Untuk dapat masuk ke area ini, kamu harus membeli tiket seharga Rp 3 ribu per orang.

Kebun Binatang Surabaya setiap hari buka pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore, dengan biaya masuk sekitar Rp 10 ribu per orang. Kebun binatang ini adalah salah satu kebun binatang tertua di Asia. Kebun Binatang Surabaya pertama kali dibuka untuk publik pada bulan April 1918. Bahkan pada tahun 1970, kebun binatang ini sempat menjadi kebun binatang dengan koleksi paling lengkap di Asia Tenggara. Dengan luas 15 hektar, tempat ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk berjalan-jalan dan olahraga.

Singa di Kebun Binatang Surabaya (Wisatajalan)

Saat ini, Kebun Binatang Surabaya memiliki peran menjadi tempat untuk Pendidikan keluarga dan tempat Rekreasi. Dengan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kebun Binatang Surabaya, bisa menjadi laboratorium hidup dan tempat yang menyegarkan. (tom)