Pada umumnya anak muda Indonesia tahu sosok pemimpin negaranya ketika mereka menjabat saja. Pernahkah terbayang di benak kalian bagaimana wajah para tokoh yang menjadi Presiden Indonesia saat muda? Berikut ini adalah potret ketujuh Presiden Indonesia saat masih muda, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Sukarno

Sukarno (Wikipedia)

Sukarno dilahirkan dengan seorang ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya yaitu Ida Ayu Nyoman Rai.
Ketika kecil Sukarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Ia bersekolah pertama kali di Tulung Agung hingga akhirnya ia pindah ke Mojokerto, mengikuti orangtuanya yang ditugaskan di kota tersebut.

2. Soeharto

Soeharto muda (Liputan6)

Di dunia internasional, terutama di Dunia Barat, Soeharto sering dirujuk dengan sebutan populer “The Smiling General”.
Julukan ini diberikan pada Soeharto karena raut mukanya yang selalu tersenyum. Soeharto dilahirkan pada 8 Juni 1921 di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

3. BJ Habibie

BJ Habibie muda (JPNN)

Masa kecil, Habibie telah menunjukkan minat dan bakatnya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di mata pelajaran Fisika. Masa SMP Presiden Ke-3 Indonesia ini dihabiskan di SMP 5 Jalan Jawa, Bandung. Kemudian, dia melanjutkan ke SMAK Dago yang dulu dikenal dengan nama Lycium.

4. Abdurrahman Wahid

Gus Dur muda (Wikipedia)

Abdurrahman Wahid alias Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940. Gus Dur lahir dalam keluarga yang sangat terhormat dalam komunitas Muslim Jawa Timur. Tahukah kalian kalau Gus Dur pernah mendaparkan beasiswa ke luar negeri? Pada tahun 1963, dia menerima beasiswa dari Kementrian Agama untuk belajar Studi Islam di Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir.

5. Megawati Soekarnoputri

Megawati muda (Tribunnews)

Megawati lahir di rumah dengan bantuan dokter pada saat cuaca sedang hujan lebat dan gelap gulita. Sejak SD hingga SMA Megawati bersekolah di Perguruan Cikini, Jakarta. Setelah itu Megawati melanjutkan pendidikan kuliah di Fakultas Pertanian UNPAD, Bandung dan Fakultas Psikologi Kampus Indonesia.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

SBY muda (Terkait)

Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Pacitan, Jawa Timur, Indonesia pada 9 September 1949. Ternyata SBY masih memiliki keturunan trah dari kraton Yogyakarta. Dari silsilah ayahnya dapat dilacak hingga Pakubuwana serta memiliki hubungan dengan trah Hamengkubuwana II. Tahun 1973, SBY lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan penghargaan Adhi Makayasa.

7. Joko Widodo

Joko Widodo muda (Liputan6)

Saat Jokowi kecil, rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali. Walaupun begitu Joko Widodo mampu menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Saat masa kuliah, Jokowi aktif mengikuti kegiatan pecinta alam Mapala Silvagama Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). (tom)