Deretan Kuliner Mie Khas Indonesia yang Lezatnya Bikin Nagih

Mie dipercaya berasal sejak ribuan tahun lalu dari daratan Tiongkok, dan kini telah menyebar ke seluruh dunia dengan beraneka bentuk, rasa, jenis dan bahan dasar pembuatannya. Di Indonesia sendiri, saat ini hampir setiap daerah memiliki olahan mie yang unik dan khas. Olahan-olahan mie ini bahkan telah menjadi ikon kuliner khas dari daerah-daerah tersebut. Berikut adalah deretan kuliner mie khas Indonesia yang lezatnya bikin nagih, seperti dilansir dari Banyumurtinet, Kamis (27/7/2017).

1. Mie Aceh

Mie Aceh (Foody)

Sesuai namanya, kuliner ini adalah asli dari Aceh. Rasa dari mie ini didominasi rasa pedas dengan paduan gurih dan semburat rasa asam segar. Mie nya sendiri relatif besar dan kenyal. Mie ini terdiri dari 3 jenis, yaitu kuah, goreng dan basah. Isinya juga bisa kita pilih sendiri, mau udang, daging, jamur, kepiting, cumi-cumi, atau gabungan dari semuanya.

2. Mie Celor

Mie Celor (Wikipedia)

Jika kita ke Kota Palembang atau Jambi, Mie Celor merupakan kuliner wajib yang harus dicoba. Mienya berukuran besar dan lurus seperti spaghetti dengan kuah kental yang merupakan perpaduan antara santan, udang dan telur. Biasanya disajikan bersama potongan telur rebus, serpihan daging udang dan bawang goreng. Rasa asin dan gurih mendominasi cita rasa dari mie celor ini, juga aroma udang dan telur yang begitu terasa.

3. Mie Koba

Mie Koba (Indonesiakaya)

Koba diambil dari nama daerah di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tempat dimana Mie Koba ini berasal. Kuah tenggiri yang segar dan gurih dengan sedikit semburat rasa manis dari gula aren, menjadikan Mie Koba menjadi kuliner khas Bangka Belitung yang tidak boleh dilewatkan. Mie Koba disajikan dengan jeruk kunci yang khas untuk menambahkan kesegaran hidangan ini serta telur ayam rebus sebagai teman lauknya.

4. Mie Lendir

Mie Lendir (Masakandapurku)

Mendengar namanya mungkin kamu bakal merasa jijik. Ternyata ini adalah Mie Rebus Kuah Kacang yang dapat kita temukan sebagai menu sarapan di Kota Batam. Mie rebus dengan tauge yang ditemani taburan bawang daun dan bawang goreng diguyur kuahnya yang kental (mungkin ini yang membuat namanya disebut mie lendir), dengan warna kecoklatan dari bumbu kacang. Rasa gurih dan manis yang berpadu dengan cantik dengan irisan cabe rawit untuk memperkuat rasa dengan sentuhan rasa pedas yang dihasilkan, juga satu butir telur rebus sebagai penyempurna.

5. Soto Mie

Soto Mie (Wikipedia)

Ada yang bilang ini adalah kuliner khas Bogor, ada juga yang bilang khas Betawi. Tapi yang jelas soto mie ini memang mudah ditemukan di dua kota tersebut. Mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun bersatu dalam mangkok yang diguyur kuah soto bening yang segar.

6. Mie Kocok

Mie Kocok (Kotakami)

Mie asal Bandung ini terdiri dari mie kuning dan tauge dengan kikil sapi dan kuah kaldu sapi yang kental. Di beberapa tempat, mie kocok ini diberi tambahan topping berupa sumsum sapi, yang tentunya menambah kelezatan mie ini.

7. Mie Ongklok

Mie Ongklok (Putrinyanormal)

Mie Ongklok memang jarang kita temui di kota lain selain di kota Wonosobo, Jawa Tengah. Mie kuning ditambah kol yang sudah direbus, kemudian diguyur dengan kuah “jenang” dari tepung kanji. Yang juga khas dari Mie Ongklok ini adalah cacahan daun kucainya. Tak lupa taburan bawang goreng dan potongan cabe rawit. Mie Ongklok ini juga disantap bersama sate ayam dengan bumbu kacang yang manis.

8. Mie Koclok

Mie Koclok (Resepdanmasakan)

Yang satu ini adalah mie khas Cirebon. Mie yang direbus ditemani irisan kol dan tauge diguyur kuah putih kental yang terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam, santan kental serta tentunya merica dan garam. Suwiran ayam, bawang daung dan bawang goreng menjadi pelengkap yang tidak boleh dilupakan beserta potongan telur ayam rebus.

9. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja (Vemale)

“Mau rebus, goreng atau nyemek?” “Pedesnya segimana?” Itulah pertanyaan standar yang biasa diajukan penjual bakmi khas Jogja jika kita memesan kuliner mie yang satu ini. Untuk yang rebus, mie akan direbus dalam kuah gurih ditemani ayam, kol, telor, tomat, daun bawang, acar dan taburan bawang goreng. Sedangkan untuk mie goreng, maka kecap menjadi kunci penyatuan semua bahan di atas. Di beberapa tempat, proses memasak bakmi Jogja ini masih menggunakan arang, mungkin inilah yang membuat bumbunya lebih meresap ke dalam mie sehingga membuat sajian menjadi nikmat.

10. Mie Tiaw Sapi

Mie Tiaw Sapi (Kulinerbangsakoe)

Bergeser ke Pontianak, ada sajian kuliner khas di kota ini yang juga diakui di tingkat nasional, yaitu Mie Tiaw Sapi. Mie ini adalah mie lebar yang diolah dengan daging sapi, babat, tauge dan sayuran. Banyak yang menyangka rasa dari mie ini akan sedikit manis karena warna mienya yang gelap. Nyatanya, mie ini berasa cukup asin.

11. Mie Kering

Mie Kering (Kulinerenak)

Selanjutnya kita beralih ke kota Makassar. Di kota ini kita bisa menemukan kuliner mie yang menjadi salah satu ikon kulinernya, yaitu Mie Kering. Disebut demikian karena memang mie yang disajikan adalah mie kering alias mie yang digoreng kering seperti kerupuk. Keistimewaannya terasa ketika kuah panas diguyurkan diatasnya, tekstur mienya menjadi sangat khas, antara mulai lembut tapi tetap menyisakan kerenyahannya. Kuahnya seperti kuah capcay dengan sayuran dan potongan daging ayam.

12. Mie Cakalang

Mie Cakalang (Indonesiakaya)

Sepintas tidak ada yang berbeda dengan mie cakalang asal Manado ini, tapi begitu kita menyuapnya terdapat rasa yang unik yang dihasilkan dari potongan ikan cakalang fufu alias cakalang asap, rasanya asin dan gurih. Kamu juga bisa memesan ikan cakalang goreng untuk menambah cita rasa dari mie ini.

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Menyusuri Surga Paling Tersembunyi di Kepulauan Kei Maluku Tenggara

5 Puncak Gunung Indonesia dengan Pemandangan Paling Spektakuler