Air Panas Ciater (www.jurnalwisata.id)

Indonesia merupakan negara yang dijuluki sebagai “Ring of Fire”. Hal inilah yang menjadikan Indonesia memiliki banyak sumber air panas yang bersumber dari perut bumi. Mata air panas atau sumber air panas ini dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air panas yang dihasilkan secara alami ini mengandung banyak mineral tinggi seperti kalsium, litium, serta radium yang dipercaya bisa membuat tubuh jadi lebih rileks, meregangkan otot yang tegang, hingga menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Oleh karena itu, tak heran jika di beberapa sumber air panas dijadikan sebagai tempat wisata pemandian. Buat JBers yang minggu ini mau liburan sambil menyehatkan badan, kamu bisa datang ke salah satu sumber air panas Indonesia yang ada di bawah ini!

1. Air Panas Banyuwedang di Bali

Air Panas Banyuwedang Bali (www.balistarisland.com)

Sumber air panas pertama ada di Bali, tepatnya di Desa Pejarakan, kabupaten Buleleng yang dekat dengan Taman Nasional Bali Barat. Di sini terdapat air panas yang posisinya berada di bawah air laut. Oleh karena itu, tak heran jika dibangun beton besar yang berbentuk lingkaran untuk menghalau datangnya air laut saat pasang. Air panas di sini memiliki suhu sekitar 40 derajat Celcius dengan kandungan belerang yang sangat tinggi sehingga bisa menghilangkan penyakit kulit. Buat kamu yang ingin datang ke sini, harga tiket masuknya hanya Rp 25.000 per orang. Sementara untuk jam bukanya mulai dari pukul 07.00-20.00 malam.

2. Air Panas Tirta Sanita di Bogor

Air Panas Tirta Sanita (@ayodolan)

Kamu tinggal di daerah Jakarta? Tak perlu jauh-jauh ke Bali karena kamu bisa datang ke air panas Tirta Sanita yang ada di Bogor, tepatnya di Desa Ciseeng, Parung. Lokasinya hanya berjarak sekitar 50 km dari kota Jakarta. Air panas di sini bersumber dari gunung kapur yang memiliki kandungan belerang dan garam alami sehingga mengobati penyakit tulang. Sambil berenang, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar. Untuk dapat berendam di air panas Tirta Sanita, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 12.000 pada hari libur dan Rp 10.000 pada hari biasa. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 07.00-20.00.

3. Air Panas Cangar di Malang

Air Panas Cangar (@ayodolan)

Malang memang terkenal akan destinasi wisatanya. Di sini ada sumber air panas yang sangat terkenal dan menjadi wahana wisata. Air panas Cangar yang berlokasi di Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang. Sumber air panas yang ada di sini bersumber dari Gunung Welirang yang menghasilkan belerang sehingga jika kamu mandi atau berendam di sini, semua penyakit kulit yang ada pada tubuhmu akan hilang. Suasana dan pemandangan yang masih asri di sekitar sumber air panas masih sangat sejuk dan asri sehingga bisa sekaligus menenangkan pikiranmu. Sumber air panas ini buka setiap harinya mulai dari pukul 06.00-18.00 sore. Untuk tiket masuknya, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 11.000 saja kok JBers.

4. Air Panas Guci di Tegal

Air Panas Guci (Reresepan.com)

Ingin ke pemandian air panas sambil berwisata bersama dengan keluarga? Kamu bisa datang ke air panas Guci yang ada di Desa Guci, Tegal, Jawa Tengah. Air panas yang ada di sini memiliki sepuluh air terjun dan enam mata air sehingga tak heran jika lokasi ini menjadi destinasi wisata favorit di daerah Jawa Tengah. Air panas ini bersumber dari Gunung Slamet yang berada bersebelahan dengan air panas Guci. Jika kamu berendam di air panas ini, kamu bisa membuat otot-otot tubuh lebih rileks dan lentur. Harga tiket yang harus kamu bayar untuk menikmati air panas ini hanya sekitar Rp 10.000 saja. Sementara untuk jam bukanya mulai dari pukul 07.00-23.00 malam.

5. Air Panas Ciater di Bandung

Air Panas Ciater (www.hargatiketmasuk.info)

Berbicara tentang air panas di Indonesia, pasti nama sumber air panas Ciater tak akan terlewat. Air panas Ciater yang terletak di Subang, Bandung ini memang sangat terkenal. Sumber air panas yang ada di sini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu yang mengalirkan air dengan suhu sekitar 43-46 derajat Celcius. Kandungan mineral yang ada dalam air panas Ciater ini memang sangat lengkap, mulai dari kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, dan hypertherma yang bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit. Untuk tiket masuknya memang lebih mahal dibanding sumber air panas lainnya, yakni sekitar Rp 22.000, tapi air panas Ciater ini buka 24 jam loh Jbers, jadi kamu bisa kapan saja datang ke sini.

Nah, sekarang kamu sudah menentukan belum ingin merelaksasikan tubuh dengan berendam ke sumber air panas yang mana? (jow)