Membawa gadget, terutama smartphone saat sedang traveling adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Smartphone seolah menjadi alat serbaguna yang bisa digunakan untuk apa saja seperti mencari lokasi melalui google maps atau waze, mencatat sesuatu, memotret, mendengarkan musik, hingga bermain game. Banyaknya kegiatan yang dilakukan smartphone saat kamu sedang traveling ini tentunya bisa membuat baterai kamu cepat habis. Kebanyakan orang akan memilih untuk membawa power bank alias charger portabel untuk mengisi kembali daya baterai smartphone yang telah habis. Tapi bagaimana jika kamu kelupaan membawa power bank atau lupa mencharger kembali power bank? Nah, kali ini JadiBerita akan memberikan lima tips agar kamu bisa menghemat baterai smartphone selama traveling. Yuk, lihat tips-tipsnya!

1. Download Aplikasi Penghemat Baterai

Mendownload Aplikasi Baterry Saver (androidauthority.net)

Sekarang sudah banyak aplikasi penghemat daya atau penghemat baterai yang bisa kamu download seperti Power Saver atau Battery Saver. Aktifkan aplikasi tersebut saat kamu hendak traveling karena aplikasi ini akan secara otomatis menghemat daya smartphonemu dengan mematikan beberapa fitur seperti GPS, wifi, serta aplikasi lainnya saat layar smartphonemu mati. Tapi saat layar smatphonemu menyala kembali, semua fitur-fitur yang kamu miliki akan aktif kembali. Aplikasi ini juga bisa dicustom olehmu, misalkan jika kamu ingin mematikan GPS saja atau ingin mematikan wifi saja.

2. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Menggunakan Smartphone saat Traveling (shutterstock.com)

Jika kamu lupa mendownload aplikasi penghemat baterai, maka kamu bisa menurunkan tingkat kecerahan layar karena cahaya lampu smartphone bisa menyedot penggunaan bateraimu. Lagipula, kebanyakan aktivitas traveling biasanya dilakukan outdoor sehingga kamu tidak perlu cahaya tambahan dari ponselmu karena sudah ada cahaya matahari yang alami. Jika tak ingin repot menurunkan atau menaikkan tingkat kecerahan layar, atur saja smartphonemu pada mode auto-brightness sehingga kecerahan layar smartphone bisa secara otomatis berubah.

3. Mematikan 4G Saat Masuk Area Pedalaman

Menggunakan Ponsel (www.cheapoair.com)

Kamu akan traveling ke mana JBers? Jika lokasi traveling kamu termasuk dalam area pedalaman yang susah mendapatkan sinyal, seperti area pegunungan, hutan, pedesaan, atau goa, sebaiknya kamu mematikan sinyal 4G dan menggantinya ke sinyal 3G, Edge, atau GPRS yang lebih ringan. Memaksakan smartphonemu untuk mendapatkan sinyal 4G bisa membuat daya baterai bisa lebih berkurang drastis. Hal ini juga berlaku jika smartphonemu sama sekali tak ada sinyal. Lebih baik kamu memilih fitur airplane mode agar bateraimu tidak terkuras habis.

4. Hindari Stalker Sosial Media

Upload Sosial Media Saat Traveling (www.theonlinemom.com)

Kamu termasuk anak muda kekinian yang sangat suka update sosial media? Pastinya saat sedang traveling, kamu tak ingin ketinggalan update status mulai dari berbagi foto pemandangan hingga makanan lokal lewat sosial media. Biasanya setelah update status, kamu akan menscroll layar untuk melihat updatean dari teman-temanmu. Eits, hal tersebut jangan kamu lakukan ya JBers! Rem tanganmu dan hasrat ingin menstalker sosial media milik teman-temanmu karena pastinya tanpa kamu sadari, kamu sudah menghabiskan setengah bateraimu hanya untuk melihat updatean status mereka.

5. Gunakan Earphone Saat Bermain Game

Menggunakan Earphone Saat Traveling (theheadphonelist.com)

Ketika kamu traveling, tentunya ada saat di mana kamu merasa bosan atau jenuh selama perjalanan seperti saat sedang menunggu pesawat atau mengantri sesuatu. Bermain game adalah hal yang paling sering dilakukan untuk menghabiskan waktu. Usahakan untuk menggunakan earphone saat bermain game karena suara yang diloadspeaker bisa membuat daya baterai smartphonemu cepat habis. Begitu juga saat kamu mendengarkan musik, lebih baik kamu menggunakan earphone.

Setelah mengetahui tips-tips di atas, semoga baterai smartphone kamu bisa tetap menyala selama traveling ya JBers! (jow)