Captain America tak akan lengkap tanpa kehadiran perisai yang melekat di tangannya. Diketahui terbuat dari vibranium, bahan yang diyakini lebih kuat dibanding adamantium (logam pembentuk tulang dan cakar Wolverine), perisai Captain America nyaris tak dapat dihancurkan. Bahkan hantaman Hulk atau palu Thor, Mjolnir seperti dalam adegan film “The Avengers”, tidak dapat menghancurkan perisai tersebut. Namun kenyataannya perisai tersebut dapat dihancurkan oleh beberapa lawan Captain America. Berikut adalah musuh super yang bisa hancurkan perisai Captain America, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Molecule Man

Molecule Man menghancurkan perisai Captain America (Geekandsundry)

Dalam komik “The Avengers #215” yang terbit Januari 1982, Molecule Man menggunakan kekuatan mengontrol benda miliknya untuk menghancur-leburkan perisai Captain America. Korban Molecule Man saat itu bukan hanya perisai Cap, tapi juga palu Thor, baju tempur Iron Man dan papan selancar Silver Surfer.

2. Doctor Doom

Perisai Captain America dihancurkan Doctor Doom (Blogger)

Dalam komik serial “Secret Wars” yang terbit antara tahun 1984-1985, diceritakan bahwa Doctor Doom berhasil meremukkan perisai Captain America yang dilemparkan ke arahnya. Ketika itu Doctor Doom mencuri kekuatan dewa bernama The Beyonder dan membuatnya menjadi sulit dikalahkan. Untungnya perisai itu bisa utuh lagi berkat kekuatan The Beyonder yang sudah kembali setelah Doctor Doom kalah.

3. Thanos

Perisai Captain America dihancurkan Thanos (Toptenz)

Dalam komik miniseri “The Infinity Gauntlet” terbitan tahun 1991, Thanos yang mendapatkan kekuatan luar biasa dari Infinity Gauntlet berhasil menghancurkan perisai Captain America hanya dengan satu pukulan. Tameng tersebut kemudian dikembalikan kondisinya seperti sediakala saat cucu Thanos, Nebula berhasil menguasai sarung tangan tanpa batas dan mengembalikan semua yang telah dihancurkan atau dibunuh Thanos dalam rentang waktu 24 jam ke belakang.

4. King Thor

King Thor membunuh Captain America (Comicvine)

Dalam komik “Thor volume 2” #73 (Januari 2004), King Thor yang telah mewarisi tahta Odin dan memiliki Odin Force (kekuatan Odin), mengamuk saat Asgard diserang oleh para superhero bumi. Kemampuan King Thor dan Loki tidak dapat ditandingi oleh para superhero bumi. Banyak superhero tewas di tangan King Thor, seperti Wolverine atau Hulk, sebelum akhirnya dia berhasil membunuh Captain America dan menghancurkan perisai vibraniumnya.

5. The Serpent

The Serpent menangkap dan menghancurkan perisai Captain America (Comicvine)

The Serpent, salah satu dewa Asgard dan saudara dari Odin, dengan mudah menangkap dan menghancurkan tameng Captain America dengan tangan kosong. Diceritakan bahwa kemudian Thor membantu Captain America dengan menjatuhkan palunya ke bumi dan selanjutnya Captain menghadapi The Serpent menggunakan Mjolnir. Perisai Captain kemudian diperbaiki oleh para kurcaci Asgard dengan menambahkan bahan baku Asgard yang menjadikan perisai itu lebih kuat dari sebelumnya. (tom)